Prospek Karier Jurusan Computer Science, Dibutuhkan di Mana-mana!

Jurusan Computer Science BINUS UNIVERSITY menjadi salah satu program studi yang selalu kebanjiran peminat setiap tahunnya. Sebagai salah satu kampus dengan program computer science terbaik di Indonesia, kurikulum dan budaya akademik yang ditawarkan telah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Dengan begitu, kamu pun akan lebih mudah berkompetisi dan beradaptasi dalam dunia kerja. 

Selain itu, prospek kerja lulusan computer science juga terbuka sangat luas. Dengan sebelas jurusan computer science BINUS UNIVERSITY yang tersedia, kamu bisa lebih leluasa memilih karier yang paling pas sesuai cita-cita seperti berikut.

Software Engineer

Sudah tak terhitung berapa banyak produk digital baru yang muncul setiap harinya dan fitur-fitur yang terus dikembangkan. Untuk menghadirkan produk ini pun, perusahaan atau instansi akan memerlukan bantuan software engineer. 

Nah, sebagai lulusan computer science, kamu bisa mengembangkan keterampilan dan minat menjadi software engineer. Peran software engineer pun masih terbagi lagi menjadi beberapa yang lebih spesifik, seperti mobile engineer, front end engineer, back end engineer, atau full-stack engineer. 

Jenjang karier sebagai seorang software engineer pun tidak akan stagnan, terutama pada perusahaan yang sudah mempunyai career framework jelas. Umumnya, karier akan dimulai sebagai junior engineer, mediore engineer, lalu senior engineer. Setelah itu, kamu dapat memilih menjadi engineering manager atau staff engineer. Lebih jauh, kariermu dapat melesat lebih tinggi menjadi head of engineering, vice president, hingga CTO.

Data Scientist

Inilah pekerjaan yang sedang naik daun terutama pada perusahaan berbasis teknologi. Tentunya, nominal gaji yang ditawarkan untuk profesi ini sangat menggiurkan, baik di dalam maupun di luar negeri.

Seorang data scientist sendiri bertanggung jawab dalam melakukan analisis data dan membuat prediksi terkait perkembangan bisnis, industri, maupun bidang-bidang lain yang relevan di masa mendatang. Kamu pun bertanggung jawab pula terhadap masalah-masalah yang lebih kompleks dan menangani informasi mentah, baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur. 

Untuk menjadi seorang data scientist, kamu perlu memiliki keterampilan algoritma machine learning yang kuat. Oleh sebab itu, kamu butuh mempunyai bekal kemampuan programming, matematika, dan statistik yang memadai.

Cyber Security

Di era yang serba mengandalkan dunia digital, kebutuhan mengenai keamanan dalam dunia digital pun makin meningkat. Kamu pun dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai peluang karier yang menjanjikan sebagai lulusan jurusan computer science. 

Jenis pekerjaan cyber security yang paling umum adalah security engineer. Seperti namanya, peran ini bertanggung jawab dalam membangun sekaligus memelihara sistem keamanan sebuah perusahaan. Beberapa kegiatan yang akan kamu lakukan jika menjadi seorang security engineer antara lain mengembangkan skrip automasi, menguji keamanan jaringan, memasang firewall, dan sebagainya.

Selain itu, masih ada banyak lagi spesialisasi bidang cyber security yang bisa kamu pilih, lho. Beberapa di antaranya adalah auditor security, incident responder, security architect, dan security analyst. 

System Analyst

Seorang system analyst biasanya akan tergabung di dalam tim engineering. Dalam peran ini, kamu akan melakukan analisis, perancangan, dan pengimplementasian sebuah sistem sesuai dengan roadmap yang telah dibuat.

Keterampilan untuk membuat coding memang diperlukan, tetapi tidak terlalu signifikan dalam profesi ini. Kamu justru akan lebih banyak melakukan kegiatan investigasi, analisis, dan desain dalam sehari-hari. Tentunya, desain yang dimaksud lebih banyak dalam bentuk arsitektur, modul, antarmuka, dan data alih-alih desain seperti grafis.

Selain kemampuan dasar dalam computer science, kamu juga dituntut memiliki beberapa keterampilan lain untuk menjadi seorang data analyst. Beberapa di antaranya adalah manajemen proyek, administrasi sistem, dan analisis bisnis.

Nah, itulah beberapa prospek karier menjanjikan sebagai seorang lulusan computer science. Selain peran yang sangat beragam, gaji yang ditawarkan pun sangat mengesankan, bahkan untuk fresh graduate sekalipun.

Untuk memulai perjalanan karier di dunia IT dengan latar computer science, memilih program studi computer science BINUS adalah langkah pertama yang paling tepat. Kini, kamu juga bisa menempuh studi di BINUS @Malang terutama untuk menguasai pengembangan perangkat lunak dengan dukungan kecerdasan buatan, multimedia interaktif, teknologi basis data, dan berbagai skill lain yang diperlukan industri terkini.