UTBK merupakan salah satu seleksi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Hasilnya akan digunakan sebagai acuan lolos ke PTN yang telah dipilih. Namun, ternyata UTBK tak hanya digunakan untuk masuk ke PTN lewat jalur SNBT 2023. Ya, ada beberapa manfaat lain mengikuti UTBK.

Jadi, bagi kamu yang sudah menginjak kelas 11 dan 12, kamu harus mulai mencari tahu tentang UTBK. Khususnya bagi yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 1 Perguruan Tinggi Negeri.

Manfaat Skor UTBK

Bagi kamu yang saat ini kelas 12, tentu beberapa di antaranya saat ini sudah mengikuti UTBK. Nilai UTBK yang kamu dapatkan ini nantinya bisa digunakan untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri. Selain itu, ada manfaat lain mengikuti UTBK dan mendapatkan skor tinggi. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Bisa mendaftar ke politeknik milik pemerintah
    Sudah diumumkan jika sejumlah politeknik milik pemerintah memasukkan UTBK sebagai salah satu syarat untuk mendaftar. Jadi, bagi kamu yang ingin masuk ke politeknik milik pemerintah, kamu wajib mengikuti UTBK.
  2. Digunakan untuk mendaftar pada jalur mandiri PTN
    Skor UTBK bisa juga digunakan untuk mendaftar ke sejumlah PTN. Meski tidak bisa mendaftar pada SNBT jalur prestasi, nilai yang kamu peroleh masih bisa digunakan untuk mendaftar secara mandiri.
  3. Digunakan untuk mendaftar pada jalur mandiri PTS
    Sejumlah PTS juga disebut memberikan syarat berupa skor UTBK untuk masalah pendaftarannya.

Skor Aman Lulus UTBK 2023 untuk Komponen Tesnya dan Durasi Pengerjaannya

Baiknya untuk bisa lolos UTBK, kamu mendapatkan skor 700 untuk masing-masing tes. Namun, perlu diketahui jika setiap PTN memiliki standar nilai yang berbeda. Jadi, cukup pastikan kamu mendapatkan nilai tinggi sehingga kamu bisa masuk ke perguruan tinggi yang kamu inginkan.

Namun, berdasarkan banyak sumber, ada skor minimal yang bisa diraih untuk setiap tesnya. Berikut ulasan singkatnya:

  • Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal mendapatkan skor 400 untuk jalur afirmasi wilayah dan minimal 600 untuk jalur reguler
  • Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris minimal mendapatkan skor 325 untuk jalur afirmasi wilayah dan minimal 550 untuk jalur reguler
  • Penalaran Matematika minimal mendapatkan skor 325 untuk jalur afirmasi wilayah dan minimal 500 untuk jalur reguler

Cara Melihat Nilai UTBK

Tes UTBK gelombang 2 saat ini telah berlangsung dan akan berakhir tanggal 28 Mei 2023. Setelah itu, kamu tinggal menunggu pengumuman. Namun, salah satu yang paling membuat penasaran adalah berapa skor UTBK? Perlu diketahui, skor nilai UTBK baru terlihat seminggu setelah pengumuman. Untuk membukanya, kamu harus lewat laman resminya.

                Berikut caranya:

Cara Mendapatkan Beasiswa Menggunakan Skor UTBK

Bisakah mendapatkan beasiswa menggunakan skor UTBK? Jawabannya tentu saja bisa. kamu bisa mendapatkan beasiswa menggunakan skor UTBK. Bagaimana caranya? Pertama, ketahui kampus yang memiliki program beasiswa dengan UTBK menjadi salah satu persyaratannya, kemudian kamu bisa langsung mengisi data diri dan mendaftarkan diri.

BINUS @Malang membuka kesempatan bagi para mahasiswa periode TA 2023/2024 untuk mendapatkan beasiswa. Pendaftaran beasiswa BINUS @Malang terdiri dari dua periode. Periode pertama dibuka sampai tanggal 9 Juni 2023, sementara periode kedua sampai 23 Juni. Setelah itu, akan diadakan Tes Potensi Keberhasilan Studi yang dilaksanakan. Pelaksanaan TPKS juga dibagi menjadi dua periode, yaitu tanggal 10 Juni dan 24 Juni.

Daftar Program Kuliah BINUS @Malang dengan Standar Internasional

Kuliah bisa dilakukan oleh semua orang. Karena itu, BINUS @Malang menyiapkan beberapa program kuliah untuk hal tersebut. Tak perlu khawatir karena semua program kuliah ini telah berstandar Internasional. Apa saja program perkuliahan tersebut? Berikut ulasannya:

  • Regular Program merupakan program perkuliahan umum di BINUS @Malang
  • 2+1+1 Program merupakan program perkuliahan di mana di sini mahasiswa akan melakukan perkuliahan selama 2 tahun di kampus asal, 1 tahun mobility di kampus BINUS di kota lain,, dan 1 tahunnya lagi mengikuti program enrichment, di mana mahasiswa dapat memilih salah satu dari tujuh program yang ada, mulai dari pengabdian sosial, penelitian, studi ke luar negeri, kredensial mikro, magang kerja di perusahaan, studi lanjut (khusus program tertentu), serta merintis usaha (start up business).

Penjelasan lebih lengkap terkait jurusan dari tiap program dapat dicek langsung di laman resmi BINUS di alamat https://BINUS.ac.id/malang/

Fasilitas-Fasilitas yang ada di Kampus BINUS @Malang

Kuliah di BINUS dijamin tak akan membuatmu menyesal. Selain pembelajarannya telah berstandar internasional, fasilitas di sini pun sangat lengkap dan canggih. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Tersedia tiga jenis ruang kelas, yakni regular, creative, dan smart class
  2. Tersedia bermacam-macam laboratorium untuk menunjang kegiatan belajar mengajar
  3. Tersedia perpustakaan dua lantai
  4. Tersedia banyak fasilitas penunjang, seperti hall berkapasitas 300 orang, kantin, minimarket, musala, kamar mandi, dan sebagainya.
  5. Bangunan di BINUS @Malang sangatlah estetik karena mengusung konsep smart and green.

Pilihan Organisasi Sarana kamu Berekspresi di BINUS @Malang

Banyak pilihan organisasi di BINUS @Malang. kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan bakat dan minatmu. Berikut beberapa diantaranya:

  1. UKM bidang Kemasyarakatan
  2. UKM bidang kerohanian (Katolik, Budha, dan sebagainya)
  3. UKM Dance atau tari
  4. UKM Band atau musik
  5. UKM Penalaran Jurnalistik
  6. UKM Penalaran Komputer
  7. UKM olahraga seperti futsal, bulu sepakbola, tangkis, basket, e-sport dan sebagainya

Tunggu apa lagi? Pembelajaran berstandar internasional, fasilitas yang lengkap, banyak pilihan program perkuliahan, serta banyaknya pilihan organisasi jelas membuatmu tak akan menyesal kuliah di BINUS @Malang.

Selain itu, BINUS @Malang sebagai salah satu perguruan tinggi terkenal juga mampu bersaing dengan kampus negeri unggulan, lho. Ini terbukti dari masuknya BINUS dalam peringkat 10 besar kampus terbaik di Indonesia. Peringkat ini dilakukan oleh tiga lembaga pemeringkatan internasional.

Luar biasa, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Daftar ke BINUS @Malang sekarang juga!