Apakah kamu seorang pejuang UTBK? Bulan-bulan ini adalah musimnya untuk mulai pendaftaran tes ke perguruan tinggi, di mana tes ini disebut dengan UTBK. UTBK ini menjadi salah salah satu syarat utama agar nanti kamu bisa mengikuti SNBT pada PTN Akademik, PTKIN, dan PTN Vokasi.

Menjadi seorang pejuang UTBK, artinya kamu juga yakin untuk meninggalkan bangku sekolah dan memulai hidup baru dengan menjadi seorang mahasiswa. Beberapa orang mungkin menganggap jika hal ini tak ada bedanya, tetapi nyatanya sekolah dan kuliah memiliki banyak perbedaan dari segi pembelajaran hingga segi pengembangan pola pikir.

Nah, sebagai seorang pejuang UTBK, kamu harus tahu hal ini dengan baik, lho.

Perbedaan Sekolah dan Kuliah yang Wajib Kalian Tahu

Bagi kamu yang merasa pejuang UTBK, kamu harus tahu apa bedanya sekolah dan kuliah, mulai dari outfit hingga ke sistem belajarnya. Seorang pejuang UTBK harus mengetahuinya karena nantinya kamu akan berpindah dari sekolah ke kuliah. Namun, sedikit bocoran, kuliah itu pembelajarannya lebih menyenangkan daripada sekolah.

 Mau tahu detailnya? Simak ulasan di bawah ini:

Perbedaan Sekolah Kuliah
Mata pelajaran Setiap semester mata pelajaran sama Setiap semester mata pelajarannya bisa berbeda
Penilaian Menggunakan angka 1-100 Menggunakan IPK dengan rentang 1-4
Jam belajar Full Day School Jam Fleksibel
Seragam Mengikuti aturan dari sekolah Bebas rapi
Ruang kelas Sama sepanjang tahun Moving Class
Mata Pelajaran Sama semua jenjang dan tingkat sesuai kurikulum Mata kuliah disesuaikan dengan program studi yang diambil

Jadwal Lengkap Pelaksanaan UTBK SNBT dan Materi UTBK yang Diujikan

Setelah mengetahui perbedaan sekolah dan kuliah, tentunya kamu juga perlu mengetahui segala seluk-beluk informasi UTBK supaya tidak ketinggalan. Jika kamu adalah pejuang UTBK, tentu kamu bertanya kapan pengumuman hasil pelaksanaan UTBK dikeluarkan. Atau mungkin bertanya UTBK gelombang 2 mulai tanggal berapa? Untuk itu di bawah ini kami berikan jadwal lengkap yang dikutip dari laman resminya:

  • 1 Desember 2022 – 14 April 2023 : Sosialisasi UTBK –SNBT
  • 16 Februari 2023 : Registrasi Akun SPMB Siswa
  • 23 Maret – 14 April 2021 : Pendaftaran UTBK
  • 8 Mei – 14 Mei 2023 : Pelaksanaan UTBK gelombang 1
  • 22 Mei – 28 Mei 2023 : Pelaksanaan UTBK gelombang 2
  • 20 Juni 2023 : Pengumuman hasil SNBT
  • 26 Juni – 31 Juli 2023 : Masa Unduh Sertifikat

Jadi, jika ada yang bertanya tentang UTBK, baik gelombang 1 atau UTBK gelombang 2, maka jadwal di atas tentu akan sangat membantu. Selain itu, di UTBK tahun ini peserta diperbolehkan memilih dua prodi dalam satu PTN atau satu prodi di dua PTN. Sedangkan untuk materi yang diujikan antara lain:

  1. Tes Potensi Skolastik
  2. Literasi dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  3. Penalaran matematika

Hasil dari UTBK gelombang 1 dan UTBK gelombang 2 ini nantinya hanya digunakan dalam pendaftaran SNBT tahun 2023. Untuk kriterianya nanti tak hanya berdasar dari hasil UTBK saja, melainkan juga ditambah kriteria lain yang sesuai dengan PTKIN, PTN Vokasi, dan PTN Akademik.

Cara Melihat Nilai UTBK di Laman Resmi

Setelah mengetahui jadwal lengkap UTBK, selanjutnya kamu perlu mengetahui cara untuk melihat nilai UTBK di laman resmi. Pengumuman ini mulai bisa dilihat seminggu setelah hasil UTBK diumumkan. Bagaimana caranya?

  • Buka laman resmi SNMPB, yakni https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Setelah itu, masukkan nomor pendaftaran serta berapa tanggal lahir peserta
  • Setelahnya akan muncul tampilan terkait dengan hasil UTBK milikmu
  • Terakhir, unduh hasil skor UTBK

Daftar Program Kuliah BINUS @Malang dengan Standar Internasional

Kalau kamu merasa bahwa jurusan-jurusan kuliah yang tersedia di UTBK kurang bervariasi, kamu bisa mencoba untuk mencari kampus yang menyediakan jurusan kuliah yang up to date dengan perkembangan zaman dan tentunya punya prospek karir yang baik. Kabar baiknya, BINUS @Malang merupakan kampus yang menjawab keinginan itu! Selain itu, bagi kamu yang daftar program kuliah BINUS @Malang, kamu perlu tahu bahwa BINUS @Malang telah mengacu pada kurikulum berstandar Internasional. Jadi, dipastikan apa yang kamu pelajari di sini tak akan ketinggalan dari mereka yang di luar negeri.

Selain itu, kamu juga perlu tahu bahwa BINUS @Malang memiliki beberapa program perkuliahan, antara lain:

Fasilitas Lengkap Penunjang Perkuliahan di BINUS @Malang

Kuliah di BINUS @Malang dijamin bakal membuatmu betah. Kenapa? Selain dari pembelajarannya yang mengacu pada kurikulum standar Internasional, BINUS @Malang juga memiliki deretan fasilitas yang dijamin sangat worth it untuk para mahasiswanya. Berikut di antaranya:

  1. Bangunan dengan konsep smart and green
  2. Memiliki tiga jenis ruang kuliah, yakni regular, creative, dan smart class
  3. Memiliki laboratorium canggih seperti lab gambar, lab fotografi, lab inkubator bisnis, lab conference, lab komputer, bengkel desain interior, dan lab content production
  4. Perpustakaan yang besar dan lengkap
  5. Fasilitas penunjang seperti hall, kantin, minimarket, klinik, musala, serta coworking space

Ragam Organisasi yang Bisa kamu Ikuti di BINUS @Malang

Kuliah tak akan lengkap tanpa bergabung menjadi bagian dari suatu organisasi kampus. Nah, BINUS @Malang pun memilikinya. BINUS @Malang memiliki banyak organisasi yang atau UKM yang bisa kamu ikuti sesuai dengan bakat minatmu. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Dance
  2. Kegiatan olahraga, seperti e-sport, bulu tangkis, sepakbola, basket, futsal, dan sebagainya
  3. Band
  4. Unit Kegiatan Mahasiswa per Jurusan (Penalaran Komputer, Penalaran Jurnalistik, dll)
  5. Kemasyarakatan
  6. Kerohanian

UKM menjadi salah satu hal penting dalam perkuliahan yang akan mencegahmu jadi mahasiswa kupu-kupu.

Nah, dari ulasan di atas, apakah kamu tertarik untuk daftar kuliah di BINUS @Malang? BINUS @Malang memiliki pengajaran berstandar Internasional, serta juga memiliki deretan fasilitas yang siap untuk mendukung pembelajaran. Tak perlu ragu untuk kuliah di BINUS @Malang karena sebagai sebuah perguruan tinggi berkualitas, BINUS berhasil mendapatkan peringkat 10 besar dalam deretan Universitas Terbaik di Indonesia. Peringkat tersebut dikeluarkan oleh tiga lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia.

BINUS @Malang juga telah terakreditasi internasional dan terakreditasi unggul, yang diakui oleh banyak lembaga akreditasi seperti AACSB, ABET, AUN-QA. Luar biasa, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftar kuliah di BINUS @Malang untuk raih kesuksesanmu!