Hook canvas adalah kerangka kerja atau alat keterlibatan pengguna. Tujuannya adalah untuk memastikan seseorang secara aktif dan berulang kali terlibat dalam suatu aktivitas atau berinteraksi dengan suatu produk. Dengan kata lain ini adalah toolkit yang dapat digunakan desainer untuk membuat sesuatu yang membentuk kebiasaan dari pengguna. Model ini saling berkaitan dengan teori perilaku, teori motivasi, dan teori pembentukan kebiasaan. Model hook canvas sangat populer di dunia media sosial dan game. Dalam industri ini bagian dari tujuan produk dibuat adalah membuat konsumen untuk tetap terlibat.

Hook canvas bekerja dalam empat tahap yaitu triggeractioninvestment, dan variable reward.

  • Trigger merupakan panggilan untuk bertindak. Pikiran internal atau kejadian eksternal atau dorongan yang mendorong pengguna untuk melakukan suatu tindakan. Mereka mengingatkan agar pengguna mengambil tindakan atau memberi tahu pengguna mengenai peluang baru untuk bertindak dan terlibat dalam suatu produk atau layanan.
  • Action adalah hal minimum yang desainer cari agar pengguna terlibat dalam produk atau layanan. Desainer bekerja sangat keras untuk menghilangkan kesulitan sebanyak mungkin saat pengguna memulai proses tindakan. Seperti mengurangi beragam faktor dari sisi waktu, tenaga, dan biaya.
  • Investment adalah premis dasar di balik bagian hook canvas bahwa orang lebih menghargai hal-hal yang telah mereka kontribusikan daripada hal-hal dimana pengguna tidak berkontribusi. Dari perspektif desain, ini berarti produk dirancang dan terbuka dengan masukan dan saran dari penggunanya.
  • Reward adalah penghargaan terhadap pengguna yang telah mengambil tindakan. Dalam kebiasaan tradisional penghargaan dapat dibuat dalam berbagai bentuk.