Metode AEIOU adalah cara untuk mereka heuristik tertentu selama observasi. Ini adalah akronim untuk 5 kategori berbeda yang diamati dan dicatat sebaga data. Kelima kategori tersebut adalah:

  • Activities. Tindakan atau perilaku yang dilakukan orang untuk mencapai tujuan mereka.
  • Environment. Detail yang menjelaskan lingkungan tempat aktivitas berlangsung.
  • Interaction. Interaksi dasar yang terjadi baik antar pribadi atau dengan artefak.
  • Objects. Item yang digunakan dalam lingkungan untuk mencapai tujuan. Ini bisa berupa penggunaan langsung atau tidak langsung.
  • User. Detail tentang orang yang diamati termasuk kebiasaan, kebutuhan, hubungan, perilaku, dan nilai.

Cara penggunaan metode AEIOU

Melihat wawasan diatas berdasarkan pengamatan, desainer dapat menyimpulkan beberapa wawasan utama dari metode AEIOU.

  1. Restoran mungkin terlalu remang-remang bagi konsumen untuk membaca menu.
  2. Musik terlalu keras yang menyebabkan konsumen berbicara lebih keras.
  3. Musik yang keras dan percakapan dari meja lainnya yang keras dapat mempersulit konsumen lain untuk mendengar pelayan.

Wawasan yang dihasilkan diatas ini hanyalah berdasarkan 1 pengamatan konsumen saja. Ada baiknya bila pengamatan dilakukan lebih dari 1 konsumen untuk melihat kecenderungan perilaku yang sama.