AEIOU Methods
Metode AEIOU adalah cara untuk mereka heuristik tertentu selama observasi. Ini adalah akronim untuk 5 kategori berbeda yang diamati dan dicatat sebaga data. Kelima kategori tersebut adalah:
- Activities. Tindakan atau perilaku yang dilakukan orang untuk mencapai tujuan mereka.
- Environment. Detail yang menjelaskan lingkungan tempat aktivitas berlangsung.
- Interaction. Interaksi dasar yang terjadi baik antar pribadi atau dengan artefak.
- Objects. Item yang digunakan dalam lingkungan untuk mencapai tujuan. Ini bisa berupa penggunaan langsung atau tidak langsung.
- User. Detail tentang orang yang diamati termasuk kebiasaan, kebutuhan, hubungan, perilaku, dan nilai.
Cara penggunaan metode AEIOU
Melihat wawasan diatas berdasarkan pengamatan, desainer dapat menyimpulkan beberapa wawasan utama dari metode AEIOU.
- Restoran mungkin terlalu remang-remang bagi konsumen untuk membaca menu.
- Musik terlalu keras yang menyebabkan konsumen berbicara lebih keras.
- Musik yang keras dan percakapan dari meja lainnya yang keras dapat mempersulit konsumen lain untuk mendengar pelayan.
Wawasan yang dihasilkan diatas ini hanyalah berdasarkan 1 pengamatan konsumen saja. Ada baiknya bila pengamatan dilakukan lebih dari 1 konsumen untuk melihat kecenderungan perilaku yang sama.
Comments :