Pandemi Covid-19 banyak mengubah pola kehidupan masyarakat dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Banyak aktivitas yang biasanya dapat dilakukan dengan mudah secara langsung yang kemudian menjadi terbatas aksesnya. Bersekolah maupun bekerja diarahkan pada sistem kerja daring atau online. Dan hal ini sangat berdampak pada pola kerja yang terjadi. Dampak yang dirasakan salah satunya mempengaruhi pola kerja para desainer komunikasi visual. Beberapa tantangan yang dihadapi oleh para desainer komunikasi visual selama pandemi Covid-19 di antaranya antara lain:

  • Visual Branding. Kegiatan perancangan visual branding merupakan kegiatan praktis yang pada prakteknya mengharuskan desainer untuk turun ke lapangan dan berinteraksi secara langsung baik dengan subjek maupun objek yang akan dirancangnya. Namun selama pandemi hal ini tentu menjadi tantangan bagi seorang desainer komunikasi visual karena aturan yang membatasi interaksi.
  • Komunikasi. Tantangan lain yang dihadapi oleh para desainer komunikasi visual selama pandemi adalah komunikasi. Komunikasi menjadi faktor kunci keberhasilan sebuah proyek desain. Komunikasi yang intens dan langsung mempermudah desainer untuk memahami brief yang diberikan. Namun pembatasan interaksi secara langsung dan mengubahnya menjadi online mempersulit desainer dalam memahami atau menginterpretasi maksud brief yang diberikan oleh klien dan begitu pun sebaliknya. Sehingga selama pandemi banyak brief yang salah komunikasinya antara desainer dengan klien.
  • Lingkungan. Tantangan besar lainnya yang dihadapi oleh desainer komunikasi visual selama masa pandemi adalah faktor lingkungan tempat bekerja. Oleh karena bekerja dilakukan di rumah akan menjadi tantangan lain yang dirasakan oleh desainer. Lingkungan yang tak kondusif dan munculnya potensi distraksi dari lingkungan tersebut akan menghambat desainer komunikasi visual dalam bekerja.

Demikian beberapa tantangan yang dirasakan oleh para desainer komunikasi visual selama masa pandemi Covid-19. Tantangan ini hanya sebagian kecil dari tantangan lain yang dihadapi para desainer selama pandemi. Namun, sebagian besar desainer komunikasi visual dapat menyelesaikan tantangan-tantangan ini oleh karena desainer komunikasi visual adalah individu yang kreatif dan solutif dalam melihat sebuah permasalahan.