Problematika sebagai mahasiswa tingkat lanjut di Malang, terkadang sebel ketika tugas-tugas kuliah sudah selesai, kostan sepi seperti rumah kosong, pengen hangout sama temen tapi lihat dompet jadi pengen menangis, dalam hati “kenapa hidup gini banget ya?”. Hmm.. kenapa gak coba kerja saja buat dapat uang lebih?.

Iya, tidak perlu bekerja formal seperti orang-orang yang tiap pagi harus sudah berpakaian rapi dan berangkat ke kantor. Kamu bisa memulai pekerjaan sebagai freelancer, dimana kerjaanmu bisa kamu atur sendiri sefleksibel mungkin, dan bisa mendapat upah sesuai dengan kerjaan yang kamu kerjakan.

Kuliah Makin Asyik Dompet Tak Terusik

Sebenarnya kriteria untuk memulai menjadi seorang freelancer itu tidak sulit. Kamu tidak dituntut untuk memiliki gelar tertentu, mau lulusan SMA ataupun SD itu tidak menjadi masalah. Untuk umur juga tidak ada batasan tertentu, kamu mau umur berapapun itu semua bisa, Bahkan ada remaja berusia dibawah 17 tahun sudah berhasil mendapatkan ratusan dollar dari freelance.

Tetapi yang harus kamu perhatikan adalah:

  • Punya skill yang menjual

Yup.. pastikan kamu punya skill yang menjual, karena itulah yang kamu tawarkan kepada klien-klien diluar sana.

  • Konsisten Mengasah Skill

Ketika kamu sudah tau bidang yang kamu kuasai, sudah mengerti passion kamu apa, dan sekarang adalah saatnya untuk mengasah skill mu. Dunia semakin berkembang maka dari itu skillmu juga harus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang selalu up to date.

  • Konsisten Dalam Satu Bidang

Nah sejak awal kamu harus menentukan bidang apa yang ingin kamu geluti, pilihlah bidang yang kamu sukai, yang kamu enjoy untuk melakukannya. Tujuannya adalah untuk lebih fokus dan lebih cepat untuk berkembang.

  • Gabung Dengan Situs Freelance

Dan yang terakhir adalah saatnya kamu untuk memasarkan keahlianmu, yang pastinya layak untuk dijual. Cara paling mudah untuk mendapatkan klien adalah dengan memasarkannya secara online. Kamu bisa mencoba situ-situs seperti fiverr.com, upwork.com, freelancer.com, peopleperhour.com dan masih banyak yang lain.

Nah sekarang kamu sudah tau kan gimana bisa dapat uang hanya dengan modal koneksi internet dan laptop yang kamu miliki. kamu gak perlu lagi galau karena tidak punya uang, karena sekarang kamu bisa mendapatkannya hanya dengan duduk manis di rumah.