Sempat jadi perbincangan mahasiswa di Kota Malang tentang pentingnya menabung dan manfaat yang akan didapat.

Siapa sih yang sampai sekarang masih susah buat menabung?. Kadang kita suka tidak sadar pengeluaran yang kita keluarkan masih lebih besar daripada pemasukkan yang kita terima. Beberapa orang malah berpikir kalau menabung akan menjadi beban untuk diri sendiri, maka dari itu jangan jadikan menabung sebagai beban, tetapi jadikan kebiasaan baik yang manfaatnya akan dirasakan di masa depan nanti.

Kali ini Tim BINUS Malang telah merangkum beberapa tips buat kamu untuk menabung agar sukses dan berhasil.

Mengetahui pentingnya menabung saja tidak cukup, kamu perlu mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang pasti menabung tidak akan terasa berat kalau kamu menerapkan tipsnya secara tepat dan efektif.

  • Mulai Dari Uang Pecahan

Seorang motivator bernama Ippho Santosa. Dia pernah memberikan tips menabung yang unik tapi efektif, yaitu dengan menyiapkan celengan dan menabung uang 20 ribu yang kamu miliki ke dalamnya. Misalnya kamu habis berbelanja di minimarket dan ada kembalian 20 ribu 2 lembar, kamu harus menabungnya ke dalam celengan. Bayangkan bila dalam sehari kamu menabung 2 lembar 20 ribuan, maka dalam 1 bulan kamu bisa mengumpulkan Rp 1.120.000, uang yang cukup banyak bukan?.

  • Ajak Teman atau Pasangan

Kamu bisa mengajak teman atau pasanganmu untuk menabung, kemudian kamu bisa membuat challange siapa yang celenganya paling cepat penuh maka dia akan di traktir makan  atau hal-hal menyenangkan lainnya. Dengan cara seperti ini kamu akan lebih mudah termotivasi  untuk menabung.

  • Buat Rekening Khusus

Memisahkan rekening kebutuhan dan rekening tabungan adalah hal yang cukup efektif. Karena uang tabungan tidak akan terganggu dengan kebutuhan sehari-hari.

Nah itu dia beberapa tips buat kamu untuk menabung dengan efektif. Percayalah, menabung akan sangat membantumu dimasa depan nanti. Seperti pepatah mengatakan “berakit-rakit ke hulu, bersenang-senang kemudian”. Nah buat kamu calon mahasiswa baru yang bingung menentukan mau kuliah dimana, kamu bisa mendaftar di Universitas BINUS Malang. Ada beberapa program studi yang membimbingmu untuk menjadi mahasiswa yang handal dan terbaik dibidangnya. Ingat kampus terbaik, ingat BINUS Malang!.