Hey para mahasiswa Malang, pasti kamu lagi senang ya setelah penantian panjang menjadi mahasiswa dengan berbagai tugas dari dosen yang cukup banyak kemudian bisa lulus tepat waktu. Eits..jangan senang terlebih dahulu, hidupmu baru saja akan dimulai. Banyak pikiran yang akan mulai menghantuimu seperti “jadi karyawan atau bikin usaha ya?” lantas mana yang akan kamu pilih?

Lulus Kuliah: Karyawan vs Bikin Usaha

Setelah meraih gelar sarjana, pasti beribu pertanyaan menghampiri pikiranmu. “Pengen jadi karyawan tapi cari kerja sulit karena pandemi yang belum selesai, terus kalau bikin usaha tidak punya pengalaman dan modal”. Semua hal ini terkadang membuatmu dilema bukan?

Fyi nih.. Binus Malang masuk dalam TOP INDONESIAN UNIVERSITIES lhooo, dan merupakan salah satu Universitas Terbaik di Malang.

Jika kamu ingin menjadi karyawan, maka pastikan cari perusahaan yang bagus dan bergerak sesuai dengan minat yang kamu sukai. Cobalah melamar kerja di perusahaan startup sehingga apabila kamu berubah pikiran suatu saat nanti dan ingin menjadi pengusaha, maka kamu akan memiliki pengalaman yang berguna buat bisnismu.

Nah ada beberapa keuntungan nih kalau kamu bekerja sebagai karyawan dulu, kamu bisa membangun relasi dengan para profesional di tempat kerjamu, kemudian juga bisa mempelajari bagaimana proses bisnis di perusahaan, dan juga yang paling penting gaji yang kamu terima bisa kamu buat untuk modal usahamu suatu saat nanti.

Lulus Kuliah Langsung Bikin Usaha

Jika kamu sudah memiliki modal yang cukup seperti uang, pengalaman, relasi, dan orang tua kaya raya..ups, tidak ada salahnya untuk langsung membuka usaha. Namun yang perlu kamu garis bawahi adalah, dalam menjalankan usaha itu penuh dengan resiko. Kamu perlu membekali diri dengan wawasan bisnis, bisa mulai dari seminar wirausaha dan bergabung dengan komunitas bisnis.

Bagaimana jika kamu gagal?. Setiap pengusaha besar pasti tidak akan pernah luput dari suatu kegagalan. Dari kegagalan akan mengajarkanmu bagaimana cara menjadi kuat dan disiplin dalam berwirausaha, dan akan membimbingmu ke jalur yang lebih baik. Gunakan kesempatanmu selagi masih muda, jangan pernah menyerah dan terus mencoba.