Simple random sampling merupakan pengambilan sampel dari populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi dan setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Terdapat dua cara yang dapat dilakukan dalam simple random sampling, yaitu:

  1. Sistem Kocokan

Sistem sampel acak sederhana dengan cara sama sistem arisan

  1. Menggunakan tabel acak

Memilih sampel dengan menggunakan suatu tabel. Dalam penggunaannya ditentukan terlebih dahulu titik awal (starting point).

Berikut langkah-langkah untuk memperoleh sampel acak dengan menggunakan tabel angka acak

  1. Membuat kerangka sampling yaitu daftar yang berisi nomor urut dari unit sampling yang akan diamati. Pemberian nomor urut disesuaikan dengan banyaknya unit populasi. Misal untuk ukuran populasi : N = 10 maka nomor unitnya 00 s/d 09, N = 100 maka nomor unitnya 00 s/d 99
  2. Menentukan ukuran sampel n yang akan diamati
  3. Melakukan pemilihan angka acak awal dari tabel secara sembarang
  4. Cara membaca angka acak, angka terakhir merupakan satuan, berikutnya puluhan, ratusan, dan seterusnya.
    Misal : N = 10 berarti yang dibaca 2 angka terakhir (karena melibatkan satuan dan puluhan). Dan angka yang diperhatikan adalah 00 s/d 09, selain dari angka tersebut tidak digunakan
  5. Melakukan pemilihan angka dengan berjalan zig zag ke arah atas dan bawah atau ke arah kanan dan kiri. Lakukan terus sampai jumlah n terpenuhi.