Big data sangat membantu dalam strategi Marketing, tetapi ada beberapa hal yang harus dipikirkan setiap pemasar untuk membantu memastikan bahwa Big data akan menghasilkan kesuksesan besar. Big data memberi peluang untuk menggali lebih dalam dan lebih dalam data, mengupas lapisan untuk mengungkapkan wawasan yang lebih kaya. Wawasan yang diperoleh dari analisis awal dapat dieksplorasi lebih lanjut, dengan wawasan yang lebih kaya dan lebih mendalam muncul setiap waktu. Ini dapat membantu mengembangkan beberapa strategi dan tindakan khusus untuk mendorong pertumbuhan.

Tetapi juga perusahaan membutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki para manajer untuk memulai desain strategi Marketing yang benar. Big data mendukung dan meningkatkan model Marketing 4.0. Menggunakan data yang diperoleh dari perilaku belanja dan pembelian pelanggan membuat pemasar memahami cara mempersonalisasi pengalaman belanja pelanggan dan melakukan pendekatan yang lebih pribadi ke Marketing perusahaan yang mengarah ke keterlibatan, retensi, dan loyalitas pelanggan yang lebih baik, serta optimalisasi dan kinerja Marketing. Big data membantu Marketing 4.0 menjadi holistik dan membangun hubungan yang kuat dengan cara yang berbeda. Big data dapat membantu memperkaya model Marketing merek perusahaan dan keterlibatan pelanggan. Pencitraan merek dapat ditingkatkan dengan menggunakan data yang diperoleh dari perilaku belanja dan pembelian pelanggan. Ini dapat membantu pemasar memahami cara mempersonalisasi pengalaman belanja pelanggan dan
melakukan pendekatan yang lebih pribadi pada model Marketing perusahaan untuk keterlibatan pelanggan yang lebih baik. Juga, Big data dapat digunakan dalam  lingkaran umpan balik. Mereka menggunakan umpan balik ini untuk bertransisi dari satu pendekatan Marketing ke pendekatan Marketing lainnya hingga menemukan yang menghasilkan respons pelanggan dan interaksi produk yang lebih baik. Akhirnya, analisis Big data memberikan wawasan baru untuk pendekatan Marketing 4.0 yang tidak pernah tersedia sebelumnya, yang akan membuat mereka lebih responsif terhadap permintaan pasar.