KEBIASAAN BURUK YANG HARUS DIHINDARI MAHASISWA DI MALANG

 

Halo,  apa kabar mahasiswa BINUS Malang, gimana hari-harimu selama berkuliah? Pasti seru dong. Bicara tentang kebiasaan sehari-hari tak sedikit dari kita memiliki harapan dan resolusi baru yang ingin dirubah.

Seperti pepatah mengatakan “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin” . menjadi lebih baik memang keinginan semua orang, tetapi untuk menjalankannya tidak  semudah berucap. Terutama buat mahasiswa yang memiliki banyak kesibukan, hingga tak sadar jika kehidupannya juga perlu untuk diperbaiki.

Tanpa disadari ada kebiasaan buruk yang mulai dilakukan berulang-ulang, tapi pernahkah kamu berpikir bahwa kebiasaan buruk itu akan mengganggu kesehatan fisik dan mentalmu?, terus seberapa merugikan apabila kegiatan itu terus kamu lakukan?. Nah berikut beberapa kebiasaan buruk yang mungkin kamu lakukan, dan segeralah kurangi untuk hidup yang lebih baik!.

HINDARI HAL INI AGAR MENJADI MAHASISWA PRODUKTIF!

  • Kurang Tidur

Jaman sekarang sudah menjadi hal biasa apabila mahasiswa dikejar deadline atau tugas yang semakin banyak. Hal ini berakibat pada terganggunya pola tidur karena kita dituntut begadang untuk menyelesaikan tugas yang belum terselesaikan. Tidak hanya soal tugas, terkadang beberapa mahasiswa juga rela untuk begadang dan kurang tidur hanya karena kecanduan game online. Yup ini merupakan kebiasaan yang buruk jika terus dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa dampak jika kamu kurang tidur adalah mudah lelah, sering pusing, dan mudah terjangkit penyakit.

  • Terlalu Sering Bermain Sosial Media

Dunia teknologi semakin berkembang, dimana untuk berinteraksi dengan orang lain sudah semakin mudah. Kita tidak perlu lagi ketemuan di suatu tempat hanya untuk mengobrol. Adanya platform sosial media mempermudah itu semua. Namun tak sedikit jika bermain sosial media bisa menjadi candu. Terlalu sering bermain sosial media dapat berdampak pada kesehatan psikologis. Dimana kecenderungan depresi dan koran bullying semakin besar ketika media sosial menjadi ajang berlebihan untuk mengekspresikan diri.

  • Beraktivitas di ruangan yang minim cahaya.

Terlalu sering beraktivitas di ruang yang minim cahaya juga akan mempengaruhi kesehatan yang sangat serius. Hal ini jika kamu lakukan terlalu sering dapat mengakibatkan mata stres, lelah bahkan kecelakaan dalam beraktivitas. Hal ini semakin fatal apabila terjadi di dunia kerja. Untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu menggunakan daya lampu yang cukup dan tidak terlalu silau, karena penggunaan lampu yang terlalu silau juga akan menyebabkan masalah yang tidak kalah besarnya.

Itu dia beberapa kebiasaan buruk yang mungkin kamu lakukan, dan kamu harus segera menghentikannya. Mungkin melepas kebiasaan buruk yang sudah melekat memang bukan soal yang mudah, namun bijaklah dalam memilih antara kesehatan yang mengharuskan berkorban untuk kenikmatan yang sesaat atau terus mempertahankan kebiasaan buruk demi produktivitas sehari-hari.