Hallo mahasiswa Malang, kegiatan apa saja nih yang sudah kamu lakukan hari ini?. apakah kamu hanya belajar non stop dari hari ke hari? Yang pasti kamu harus bisa memanfaatkan waktumu sebaik mungkin, dengan peluang bertemu banyak orang dan juga teman-teman yang selalu mensupport, kamu bisa merintis sebuah bisnis untuk menambah pengalaman dan uang sakumu.

Dengan memulai sebuah bisnis di masa kuliah, kamu tidak perlu lagi dipusingkan untuk urusan keuangan. Dan juga setelah kamu lulus tidak perlu lagi bingung mau bekerja dimana, karena kamu sudah punya bisnis yang harus dijalankan.

Pada BINUS Malang terdapat program studi DIGITAL BUSINESS INNOVATION yang bisa meng-upgrade pengetahuan bisnis dan keterampilan kamu dengan berbasis teknologi digital.

  1. Berdagang

Yup.. gak usah ditanya lagi akar dari bisnis itu sendiri adalah dagang. Kamu bisa berdagang yang sekiranya orang butuhkan di lingkungan kamu. Disini kamu harus bener-bener bisa menangkap peluang sebisa mungkin harus sensitif dengan potensi dan masalah yang ada disekitar kamu. Kita ambil contoh Dokter Tirta, tahukah kamu kalau Dokter Tirta dulu sewaktu masih kuliah berjualan gorengan?. Dia melihat banyak beberapa mahasiswa yang kuliah pagi tidak sempat untuk sarapan, dan dia akhirnya mengambil peluang tersebut untuk berjualan gorengan.

  1. Buat Jasa

Modal minimalis, dompet kempis. Jangan menyerah guys, manfaatkan yang kamu punya dan maksimalkan yang kamu bisa. Buat kamu mahasiswa desain, programing, 3D modeling, marketing, copywriting ada salah satu situs untuk jualan jasa kamu yaitu fiverr. Kamu bisa menjual keahlianmu disana untuk memperoleh pundi-pundi dollar.

  1. Influencer

Ini merupakan tren yang lagi naik saat ini, semua orang bisa jadi influencer. Punya smartphone? Kuota melimpah? Password wifi tetangga terbongkar?. yuk langsung saja gak usah malu jadi selebgram, youtuber, tiktoker, ataupun lainnnya. Kunci untuk menjadi seorang influencer adalah konsistensi. Pada saat awal merintis menjadi influensi kamu tidak akan langsung mendapatkan fee, tetapi kamu harus tetap semangat untuk mendapatkan itu semua.