Menurut aspek pendekatan, penelitian dibagi menjadi 2 jenis yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian di mana datanya tidak bersifat numerik. Sebagai contoh adalah minat mahasiswa dalam mengakses binus maya. Pengamatan terhadap minat dapat dilakukan dengan misalnya:

1: sangat berminat
2: berminat
3: tidak berminat

Angka 1, 2, dan 3 mengartikan peringkat minat.

Sedangkan penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian di mana datanya bersifat numerik. Sebagai contoh uang pulsa mahasiswa per bulan misal Rp 100.000, Rp 150.000, dan lain sebagainya.

Menurut aspek tujuan, penelitian dibagi menjadi 3 jenis yaitu penelitian eksploratif (awal), deskriptif (gambaran rinci), dan eksplanatif (kausalitas). Dalam kasus di atas, tujuan penelitian eksploratif (awal) adalah untuk mengetahui minat mahasiswa dalam mengakses binus maya, apakah termasuk:

1: sangat berminat
2: berminat
3: tidak berminat

Jenis penelitian kedua adalah penelitian deskriptif (gambaran rinci) yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar mahasiswa yang tergolong dalam minat 1, 2, dan 3. Dan jenis penelitian yang ketiga adalah penelitian eksplanatif (kausalitas) yang bertujuan untuk mengetahui penyebab minat mahasiswa dalam mengakses binus maya.