Teknik baru (blur)

Blur artinya ‘kabur’. Blurred ‘mengaburkan’. Teknik baur atau blur ini dilakukan dengan langsung menorehkan pigmen warna objeknya pada sketsa. Dalam keadaan cat masih basah torehkan pigmen putih pada bagian yang terang kena sinar langsung dan dibaurkan dengan torehan warna benda dan warna bauran ini digiring ke bagian yang paling terang sambil ditambahkan pigmen putih. Sementara pada bagian kilauan torehkan pigmen putih murni. Sementara itu, dalam keadaan masih basah dapat juga ditorehkan pigmen hitam dan dibaurkan dengan warna benda tadi, kemudian giring ke arah bagian benda yang gelap atau tidak kena sinar sehingga semakin banyak pigmen hitam. Terakhir untuk bagian yang sangat gelap torehkan pigmen hitam.
Gradasi warna pada teknik baur ini jika dilakukan dengan cermat akan menghasilkan tone atau tingkatan atau perpindahan warna yang sangat halus (smooth). Namun , teknik b aur ini pun memerlukan keterampilan. Untuk cat poster, penggunaan teknik baur ini cukup sulit karena sifat cat poster yang cepat kering.

Teknik Drybrush atau Teknik Goresan Kering

Teknik drybrush ini pada dasarnya sama dengan teknik baur, namun dilakukan dalam keadaan cat kering. Teknik drybrush dilakukan dengan kuas berbulu kasar/kaku. Gradasi warna tidak dibaurkan, namun ditumpangkan pada pigmen lain dengan goresan kasar kering. Hasil yang diperoleh adalah memiliki karakter kuat, tajam, keras, dan berat. Sangat berbeda dari teknik baur yang berkesan halus dan ringan. Teknik drybrush cukup sulit sehingga memerlukan keterampilan yang terlatih.

Demikian beragam teknik yang dapat digunakan dengan menggunakan cat poster.