Pada bagian sebelumnya telah diketahui kelebihan serta kekurangan cat poster. Nah pada pembahasan kali ini bagian yang akan dibahas adalah mengenai ragam teknik cat poster.

Teknik Block atau Dekoratif

Teknik ini menggunakan blok-blok warna dekoratif (rata datar). Pewarnaannya pada objek kubistis mengunakan tingkatan, tint, tone, dan shade. Tint untuk bagian warna objek yang palinbg terang (terkena sinar langsung) yang dicapai dengan pigmen warna objek dicampur dengan pigmen putih. Tone untuk bagian warna objek itu sendiri (yang tidak terkena sinar secara langsung) dicapai dengan pigmen warna objek itu sendiri atau dengan warna objek yang dicampur dengan warna lain. Shade untuk bagian warna objek yang kena bayangan (tidak terkena sinar) dicapai dengan pigmen warna objek yang dicampur dengan pigmen hitam.
Pewarnaan pada objek silinder, bola, atau objek yang melengkung lainnya digunakan dengan tingkatan putih, tinttoneshade, dan hitam. Putih untuk kilauan (higlight) dicapai dengan pigmen putih. Tint untuk bagian objek yang kena sinar langsung dicapai dengan pigmen warna objek dicampur dengan pigmen putih. Tone untuk bagian yang tidak kena sinar langsung dicapai dengan pigmen warna objeknya sendiri atau bisa pigmen warna objeknya sendiri yang dicampur dengan abu-abu (putih atau hitam). Shade untuk bagian objek yang tidak kena sinar (bagian yang terkena bayangan) dicapai dengan pigmen warna objek dicampur dengan pigmen hitam. Hitam untuk bagian objek yang sama sekali tidak kena sinar (khusus benda yang melengkung) dicapai dengan pigmen hitam. Teknik pembagian bidang untuk keluasan putih, tinttoneshade, dan hitam, mengikuti metode gambar teknik, yakni bagian yang melengkung semakin menyempit.
Teknik dekoratif ini warnanya blok-blok rata datar dan masing-masing warna saling terlihat batasannya secara tajam, sekalipun objeknya melengkung. Sehingga akan timbul kesan warna yang bergradasi atau memiliki tingkat warna dan tidak dibaurkan.