Yup.. sebagai mahasiswa yang up-to-date pasti tau dong dengan koin Crypto.

Belakangan ini fenomena cryptocurrency  semakin populer dengan banyaknya orang-orang yang berminat untuk memililkinya menjadi aset investasi. Untuk mendapatkan koin crypto bisa melakukan berbagai cara, dan yang paling sering digunakan adalah mining atau menambang koin crypto. Menambang disini bukan berarti kita pergi ke lokasi tambang kemudian menggali tanah untuk mendapatkan koin crypto. Melainkan cukup di rumah dan gunakan perangkat komputer yang modern dengan hardware yang canggih untuk proses mining. Ada cara lain yang lebih mudah untuk mendapatkan koin crypto dengan budget minimal atau malah gratis, biasa disebut dengan Airdrop crypto.

Airdrop adalah sebuah proses distribusi token gratis dari pihak penyelenggara airdrop kepada para pesertanya. Airdrop biasanya dilakukan oleh developer suatu project untuk mempromosikan project mereka kepada orang banyak.  Nah untuk mendapatkan airdrop biasanya peserta akan diberikan task atau tugas misalnya seperti memfollow social media mereka, membagikan postingan sosial media, men-suscribe youtube channel, ataupun mendownload sebuah aplikasi.

Untuk mekanismenya seperti ini:

  • Penyelenggara airdrop membuat sebuah airdrop crypto
  • kamu bergabung dengan event yang ada
  • Selesaikan semua tugas yang diberikan
  • Tunggu distribusi airdrop
  • Jual token yang didapatkan (jika ada harganya)

Ketika kamu kuliah, pasti pernah dong diajari mengenai manajemen keuangan.

Meskipun berburu airdrop terlihat menarik, tetapi kamu tetap harus waspada dan jangan termakan nafsu untuk mendapatkan uang dengan mudah. Karena ada banyak berbagai penipuan berkedok airdrop, ada segelintir orang yang memanfaatkan fenomena airdrop untuk mendapatkan followers yang banyak ataupun suscriber youtube mereka dengan iming-iming akan diberikan token crypto. Tidak hanya itu untuk memilih sebuah airdrop task kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu agar tidak tertipu dengan token crypto yang tidak ada harganya, atau dalam dunia crypto hunter biasa disebut dengan koin abu gosok.

Tidak ada salahnya untuk mencoba suatu hal yang baru, akan tetapi kamu juga tetap harus waspada dengan kemungkinan resiko yang akan terjadi.