Buat kamu yang kuliah di jurusan Visual Communication Design pasti tidak asing dengan kata art block.

Bagi kamu pekerja seni pasti tidak jarang mengalami kondisi Art Block. Yup.. kondisi yang sangat mengganggu mengingat deadline yang padat malah makin pusing dengan Art Block. Tidak hanya pekerja seni, tetapi semua orang bisa mengalami kondisi yang sangat mengganggu ini. Eits.. tapi apa kamu tau apa itu Art Block?

Art Block adalah kondisi dimana seseorang mengalami kehilangan ide dan kreativitas dalam membuat sebuah karya. Memang sangat merepotan karena datangnya bisa tiba-tiba terus menghilang begitu saja. Ada beberapa penyebab seseorang bisa mengalami Art Block, diantaranya yaitu:

  • Stress, apabila pikiran dipenuhi dengan berbagai masalah maka ide dan kreativitas tidak akan keluar, dan respon tubuhpun menjadi berkurang.
  • Overthinking, terlalu lama dalam memikirkan suatu hal pun dapat menjadi masalah. Dikarenakan kita tidak bisa fokus terhadap hal-hal lain dan ide tidak dapat berkembang.
  • Lingkungan yang tidak kondusif, dalam membuat sebuah karya diperlukan fokus dan ketenangan. Apabila kamu berada di tempat yang tidak nyaman maka ide pun sulit muncul.

Ini nih tips buat mahasiswa untuk lepas dari kekangan art block

Untuk lepas dari kekangan Art Block kamu bisa menggunakan beberapa tips dibawah ini:

  1. Luangkan waktu untuk istirahat

Tubuh juga perlu istirahat, ketika beban kerja terlalu banyak dan fisik sudah mulai lelah, otak akan mengalami penurunan fungsi sehingga tidak bisa mengeluarkan ide yang kreatif.

  1. Makan makanan favoritmu

Makanan merupakan sumber energi. Jika tubuh kurang energi maka otak tidak bisa bekerja secara maksimal.

  1. Pergi ke tempat yang terbuka

Lingkungan yang tertutup dan kurangnya sirkulasi udara menyebabkan kita merasa sumpek atau jenuh. Pergi ke taman atau tempat terbuka lainya bisa menjadi opsi untuk merefresh pikiran.

  1. Ngobrol dengan orang yang kamu kasihi

Berkomunikasi dengan pasangan akan membuat kita lebih rileks, terlebih ada orang yang bisa memberi semangat ketika letih bekerja.

  1. Setel musik favoritmu

Dengan mendengar lagu yang kita sukai akan menambah semangat dalam bekerja. Pastikan tidak memutar lagu melow atau sedih.

Fyi..  di Universitas BINUS Malang karena lokasinya yang masih hijau dan udaranya masih segar, kamu bisa lebih mudah lho untuk lepas dari art block.

Nah itu dia beberapa tips yang dapat kamu aplikasikan ketika mengalami Art Block. Selalu ada cara untuk setiap masalah yang ada, semua tergantung usaha yang kita lakukan. Berpikir positif dan terus semangat agar terhindar dari kondisi yang mengganggu kita ketika bekerja.