Hai, ini salah satu obrolan di kelas Interior Design Universitas BINUS Malang.

Bagi kamu yang suka jalan-jalan pasti tidak kaget dengan menjamurnya kedai kopi akhir-akhir ini. Hampir di setiap sudut kota mulai muncul kedai kopi atau Coffee Shop baru. Mulai dari yang hanya menyediakan kopi hitam saja, hingga kreasi kopi yang sebelumnya belum ditemukan.

Kedai kopi menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Mereka para pemilik kedai berlomba-lomba tidak hanya untuk menyajikan kopi yang nikmat, tetapi juga menampilkan diri menjadi yang terbaik dengan desain-desain ruangan yang menarik dan tentunya nyaman. Hal tersebut berhubungan dengan teknik marketing untuk menarik pelanggan. Diantara banyaknya kedai kopi yang ada, ada satu konsep desain yang menarik perhatian, yaitu desain Industrial.  Lalu apa sih desain Industrial itu?

Oh ya, sebelum baca artikel ini lebih lanjut, kamu harus tahu kalau info ini disusun oleh Tim BINUS Malang, Universitas di Malang dengan fasilitas keren yang terus mencetak lulusan yang kompetitif di dunia profesional dengan Program S1 Interior Design

Desain Industrial adalah sebuah konsep desain arsitektur yang menonjolkan elemen-elemen mentah, atau biasa juga disebut desain Unfisinished.

Konsep ruangan dengan desain ini terasa maskulin  dan terlihat berbeda tetapi tetap menarik secara visual. Dalam dunia arsiktektur, gaya desain dengan konsep industrial ini, terinspirasi dari konsep bangunan Industri dan Universitas di Kota New York dan London. Pada saat itu, bangunan-bangunan yang sudah tidak lagi digunakan di Kota tersebut, banyak diubah dan dialihfungsikan sebagai tempat tinggal.

Beberapa hal yang menjadi ciri-ciri desain ruangan dengan konsep Industrial adalah memiliki kabel dan saluran pipa yang di ekspose, material yang digunakan kebanyakan dari metal dan kayu, kemudian lantai dan dinding lebih sering menggunakan batu bata atau beton yang di yang ditonjolkan. Beberapa Universitas di Eropa sering sekali terlihat menggunakan material ini.

Meski sekilas terlihat tidak rapi dengan penampilan temboknya yang tidak dicat, tetapi gaya ini sangat memperhitungkan desain dan pondasi yang kuat sehingga tetap aman. Secara estetika desain Industrial tetap menarik, unik, dan aman untuk tetap menjadi desain yang berbeda.

Kalau mau lihat Universitas di Malang yang desain arsitekturnya keren, coba cek Kampus BINUS deh. Artistiknya oke banget, nuansa akademisnya modern punya. Kalau kamu udah pernah ke Universitas di Malang ini, pasti setuju!