People Innovation Excellence
 

CONCEPT ART UNTUK MAHASISWA KREATIF

Artikel ini ditulis oleh Tim BINUS @Malang, Sentra Edukasi Mahasiswa Kreatif di Malang. Yuk, tambah wawasanmu bersama BINUS

Sadar tidak, kalau Mahasiswa biasanya suka banget diskusi soal film, baik fiksi maupun non fiksi. Dibalik dari film yang membuatmu terpukau dan membuatmu ingin menontonya lagi dan lagi, terdapat berbagai Concept Art yang dirancang apik. Tanpa kamu sadari, karya tersebut merupakan jiwa dari sebuah seni yang membuat film tampak memukau dan mempunyai warna.

KALAU KAMU CALON MAHASISWA YANG KREATIF, BACA INI DEH!

Pernahkan terlintas dipikiranmu tentang siapa yang merancang kota yang futuristik, robot-robot raksasa, paus yang terbang diatas awan dalam sebuah film ataupun game? Ya itu adalah tugas dari sorang Concept Art. Iya.. dia yang memiliki ide-ide fantastis yang belum pernah kamu pikirkan sama sekali. Jika kamu penasaran dengan Concept Art, ayo kita cari tahu lebih jauh.

Concept Art adalah sebuah bentuk ilustrasi yang digunakan untuk menyampaikan sebuah ide yang digunakan untuk keperluan pembuatan film, video game, animasi, dan beberapa media lain. Tanpa adanya ilustrasi dari seorang Concept Art, kemungkinan sebuah film tidak akan menjadi suatu karya yang hidup dan menarik. Tugas seorang Concept Art yaitu harus bisa memvisualisasikan karakter, lingkungan, dan seluruh elemen menjadi sesuatu yang dapat menghidupkan alur cerita dari sebuah film. Jadi untuk seorang Concept Art harus mempunyai imajinasi yang luar biasa dan kemudian dapat memvisualisasikannya dalam bentuk karya seni.

Kalau kamu Mahasiswa yang suka banget berpikir liar dan imajinatif, sepertinya cocok ya kalau di masa depan berkarir di dunia ini. Nah sebelum menentukan jurusan, yuk kita bahas sedikit soal sisi teknis dalam dunia perfilman.

Mengingat banyaknya elemen-elemen dalam film yang harus dikerjakan oleh seorang Concept Art, maka pekerjaan Concept Art dibagi menjadi 3 bagian untuk mempermudah dan mempersingkat waktu.

  • Karakter Concept Art

Seperti namanya, seorang Karakter Concept Art adalah orang yang mampu menciptakan seorang karakter dalam film,animasi, atau game, dimana meliputi konsep, gaya, artwork dari sebuah coretan. Karakter yang dibuat harus memiliki kepribadian dan latar belakang yang jelas.

 

  • Lingkungan Concept Art

Adalah seseorang yang berfokus kepada pembuatan desain, konsep, dan ilustrasi lingkungan untuk sebuah karya seni. Disamping itu seorang lingkungan Concept Art juga harus bisa menentukan dan memperluas sebuah plot cerita.

  • Concept Art Peralatan

Tokoh pada film pasti memiliki peralatan bukan, seperti halnya pakaian, senjata, atau bahkan kostum apabila film itu menceritakan seorang tokoh superhero.

Menarik sekali kan jadi seorang Concept Artist. Dunia seni memang menyajikan kejutan kreativitas tanpa batas. Kampus Malang yang mendukung dunia Seni Modern tersebut adalah BINUS @Malang dengan Program S1 VISUAL COMMUNICATION DESIGN. Daftar sekarang dan temukan keajaiban!

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close