Halo, kali ini Bahas tentang story board di kelas Visual Communication Design Universitas BINUS @Malang

Tahukah kamu  pada proses pembuatan animasi, video, film, ataupun komik perlu dilakukan poses perencanaan untuk menghasilkan karya yang menarik dan enak ditonton. Proses tersebut ialah menyusun Story Board.

Story Board adalah sketsa gambar yang berurutan yang merupakan garis besar dari sebuah cerita atau ide kreatif. Pasti banyak yang bertanya apakah membuat story board itu penting?. Seperti halnya seorang penulis yang akan membuat sebuah artikel, mereka akan membuat sebuah garis besar terlebih dahulu kemudian meyusunnya secara rinci agar mempermudah dalam pengerjaanya.

Karya yang menarik dibuat oleh mahasiswa yang kreatif

Dalam Story Board akan ada keterangan mengenai bagaimana alur ceritanya, ilustrasi adegan, bagaimana latar belakangnya, serta apakah menggunakan narasi atau dialog. Nah untuk membuat Story Board yang menarik, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan.

  • Buatlah konsep yang menarik

Konsep yang menarik adalah konsep yang dapat menyalurkan pesan kepada penonton dengan baik.

  • Kembangkan ide bersama

Tampung masukan dari setiap orang  untuk menjadi bahan pertimbangan dan untuk mengembangkan ide.

  • Beri catatan detail pada setiap adegan

Untuk membuat karya yang menarik, kamu perlu menambahkan dialog, voice over ataupun arahan pencahayaan seperti yang diinginkan.

  • Lakukan review dan revisi

Sebelum produksi dimulai, kamu dapat melakukan review dan revisi. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dan menghemat waktu dan biaya.

Nah, dengan Story Board yang terkonsep dengan rapi maka orang lain dapat menangkap visi kamu dengan mudah. Sebuah karya yang viral adalah bukanlah sesuatu yang kebetulan, melainkan sesuatu yang sudah terkonsep dan tersusun dengan rapi serta menghasilkan karya yang menawan.