People Innovation Excellence
 

INI LHO SOSMED-NYA ORANG IT

DISKUSI MENARIK DARI KOMUNITAS STARTUP DI KAMPUS MALANG

Tanggal 2 Juli 2022 lalu, ada diskusi menarik dari salah satu talkshow di Radio Komunitas Startup Mahasiswa salah satu Kampus Malang. Ternyata banyak anak IT yang seringkali mencoba memperbaiki program tetapi malah stuck dan tiba-tiba hilang motivasi. Ingin menyerah tapi sayang udah terlalu jauh ngerjainnya. Nah, di talkshow yang juga menghadirkan narasumber Pakar IT lulusan Kampus di Malang tersebut, mereka memberi tips untuk mengatasinya denganbelajar source code melaui Github. So, Sudahkah kamu tau Github itu apa?

Nah, sebelum baca lebih lanjut.. FYI ya guys, artikel ini dibuat oleh Tim BINUS @Malang biar kamu makin keren wawasannya. Kampus di Malang yang jadi sahabat para Technopreneur ya cuma BINUS!

Github adalah sebuah platform yang khusus dikembangkan untuk berbagi dan mengembangkan source code oleh sesama developer atau programmer. Bisa dibilang Github juga sebagai sosial medianya orang-orang IT karena memiliki menu seperti follow dan favorite. Saat ini Github menjadi tren dikalangan IT developer karena dapat mempermudah pekerjaan mereka. Karena pada platform ini kita bisa bebas memposting source code atau projek yang kita buat yang kemudian dapat dilihat oleh user lain. Melalui postingan tadi kita bisa mendapatkan saran bahkan bantuan untuk memodifikasi source code yang sudah kita kerjakan. Tidak hanya itu, Github juga bisa kamu gunakan untuk portofolio lho.

Bulan Juni 2022 lalu ada beberapa Job Fair di Kampus-Kampus di Malang. Di event-event tersebut banyak lowongan yang membutuhkan IT developer, namun sayangnya mereka kurang pandai dalam komunikasi, bahkan pada saat melakukan interview untuk melamar pekerjaan. Mungkin karena terlalu sering ngobrol dengan komputer dengan bahasa-bahasa pemograman dan keterbatasan kosa kata yang dimiliki. Terkadang ingin menyampaikan hal yang simpel malah menjadi hal yang kompleks dan sulit dipahami. Tetapi saat kode sudah berbicara  menggunakan algoritma yang efisien, struktur kode yang jelas, dan juga menggabungkan class dan object yang indah, secara utuh koding sudah dapat mempresentasikan kemampuan yang dimiliki.

Pada saat ini sudah banyak perusahaan yang meminta untuk mencantumkan akun Github pada CV pelamar. Alasanya yaitu sebagai bahan referensi dan juga penilaian kemampuan dalam bidang IT developer, tentu saja hal ini mempermudah perusahaan untuk mensortir calon pendaftar berdasarkan pengalaman kerja dan juga kemampuan mereka dalam berkolaborasi ataupun berorganisasi.

Lalu bagaimana sih untuk membuat portofolio lewat Github? Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan cukup mudah, yaitu:

  • Buat akun Githubmu atau kalau sudah punya bisa langsung login
  • Klik New pada bagian Repositories dan isikan username lalu klik Create Repository
  • Langkah selanjutnya upload portofoliomu pada Repositories

Nah cukup mudah bukan untuk membuat portofolio di Github. Tenang saja untuk menikmati fitur ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya karena semua itu gratis. Yang harus kamu tekankan yaitu kolaborasi efektif dan portofolio menarik adalah dua dari banyak hal yang bisa membuat kariermu makin menanjak.

Itu dia informasi yang semoga berguna untuk kamu. Jangan lupa follow Instagram BINUS @Malang untuk tau update informasi soal dunia Digital. Kampus di Malang, pilihan terbaiknya ya BINUS!


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close