People Innovation Excellence
 

BINUS MELEPAS 3.840 WISUDAWAN, KOMITMEN MENCETAK LULUSAN BERINTEGRITAS

BINUS MELEPAS 3.840 WISUDAWAN, KOMITMEN MENCETAK LULUSAN BERINTEGRITAS

Jakarta, 23 Juli 2022 – BINUS UNIVERSITY menggelar Wisuda Angkatan ke-65 dan melepas sebanyak 3.840 Wisudawan yang terdiri dari 3.431 lulusan Program Pendidikan Sarjana, 380 lulusan Program Sarjana Pendidikan Magister, 8 lulusan Program Pendidikan Doktor, 11 lulusan Program D4, 10 lulusan Program Profesi.

Mengusung tema “Be Lifelong Learners Through Fostering and Empowering”, Wisuda 65 BINUS UNIVERSITY diadakan selama dua hari yaitu tanggal 22 dan 23 Juli 2022 dan bertempat di Plenary Hall, Jakarta Convention Center Jakarta serta dibagi dalam 3 sesi dan 1 sesi yang diadakan secara online. Lulusan Wisuda ke-65 ini menambah jumlah alumni BINUS UNIVERSITY yang kini berjumlah lebih dari 130.000 alumni.


Dalam perhelatan wisuda ini, 77,42% Wisudawan dan Wisudawati lulus tepat waktu dengan 84,64% lulusan mendapat IPK >3.00. Selain itu, terdapat 162 lulusan menyandang predikat Summa Cumlaude dengan IPK sama dengan atau lebih dari 3.91 hingga 4.00. Pada Lulusan Program Sarjana, sebanyak 69% Wisudawan S1 telah bekerja. 37% di antaranya telah bekerja di Global Company atau Top Nasional, 10% telah bekerja sebagai wirausahawan, dan sebanyak 10% melakukan studi lanjut.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III DKI Jakarta, Dr. Ir. Paristianti Nurwardani, MP. dalam pidato sambutannya mengutip quote dari Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara, “Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah”, “Setelah selesai wisuda tetap semangat belajar melengkapi kompetensimu dan gali potensi dan berguru pada orang-orang hebat di sekelilingmu. Terus belajar, belajar, dan belajar”, tutur Dr. Ir. Paristianti Nurwardani, MP.

“Lulusan BINUS memiliki hard skills dan soft skills yang luar biasa. BINUS memberikan kemahiran dalam bahasa asing, sertifikasi, kecepatan melakukan pengolahan data, dan BINUS memberikan kompetensi dalam bidang komunikasi, fleksibilitas, kepemimpinan, team-work, dan time management. Teruslah belajar, belajar, dan belajar. Karena para wisudawan membawa nama besar dan predikat unggul BINUS. Selalulah menjadi unggul di manapun Anda berada”, pungkasnya mengakhiri pidato.

Pada Wisuda sesi kedua, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia turut memberikan ucapan dan pesan semangat kepada para Wisudawan. “Laut samudera nyata yang akan Adik-adik arungi, akan penuh dengan tantangan sekaligus peluang. Gunakan seluruh kompetensi yang telah diperoleh dan bangun kolaborasi dan kemitraan baik dengan rekan kuliah ataupun kemitraan yang telah dibangun baik di dalam dan luar negeri selama mengikuti Program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ucap Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng.

Wisuda 65 BINUS UNIVERSITY juga memberikan penghargaan atas prestasi dan kontribusi yang luar biasa dari lulusan, seperti “BINUS Award of Excellence” dianugerahkan kepada Wisudawan/ti yang lulus dengan IPK 4.00; “Wibowo Award” dianugerahkan kepada Wisudawan/ti yang memiliki prestasi akademik dan aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan di lingkungan Universitas BINA NUSANTARA; “BINUSIAN Award” dianugerahkan kepada Wisudawan yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik baik nasional maupun internasional; selain itu “Alumni Recognition Award” dianugerahkan kepada Alumni berprestasi yang memiliki 6 kriteria, yaitu memiliki prestasi di bidangnya, inovasi, komitmen, kontribusi, integritas, dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor BINUS UNIVERSITY dalam Pidatonya berpesan “Saya atas nama seluruh Sivitas Akademika BINUS UNIVERSITY memberikan penghargaan yang tinggi atas keberhasilan studi di saat pandemi. Tantangan akan masih Anda hadapi, terutama dalam Industry 4.0 dan Society 5.0.,” ucap Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. dalam pidatonya.

“Ini kesempatan bagi Anda untuk berkontribusi dan memberdayakan masyarakat. Teruslah semangat untuk selalu bisa sukses, menjaga hati dan pikiran Anda, dan jangan lupa untuk selalu berbahagia agar bersama-sama, kita BINUSIAN bisa bersama membangun Indonesia yang lebih baik”, lanjut Prof. Harjanto.

Hal penting yang disampaikan oleh Prof. Harjanto dalam pidatonya adalah pentingnya menjunjung integritas bagi lulusan BINUS UNIVERSITY.  Sejak tahun 2016, BINUS UNIVERSITY mengeluarkan SK Rektor No. 1426/SK/PTTKK-UBN/VII/2016 yang memberlakukan sanksi Mencontek=DO dan menarik ijazah alumni BINUS yang terbukti terlibat korupsi atau membuat orang lain melakukan korupsi. BINUS UNIVERSITY ingin berkontribusi membantu masyarakat dan Pemerintah dalam memberantas korupsi yang diawali dari hal yang sederhana, yaitu kejujuran.


“Bagi Anda yang diwisuda pada hari ini, saya menyampaikan secara terbuka. Sepanjang Anda menjalani kehidupan, Anda tidak boleh melakukan perbuatan korupsi. Anda juga tidak boleh menyebabkan orang lain berbuat korupsi. Jika terbukti melakukan hal tersebut, maka gelar dan Ijazah Anda akan ditarik kembali,” tegasnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close