Bentuk atau shape merupakan segala sesuatu yang memiliki diameter, tinggi, dan lebar. Umumnya bentuk dasar yang dikenal adalah kotak, segitiga, lingkaran, lonjong, dan lain-lain. Pada desain komunikasi visual hal yang dipelajari pada bentuk adalah bentuk dasar dan bentuk turunannya. Bentuk atau bidang dapat dibentuk serta dilihat dari beragam posisi arah. Untuk membentuk sebuah bidang seorang desainer akan menggunakan bantuan beberapa garis.

Jenis-jenis Bentuk (Shape) berdasarkan Sifatnya

Sementara berdasarkan kategori sifatnya, bentuk (shape) dapat dikategorikan ke dalam tiga kategori:

  1. Bentuk geometrik merupakan bentuk yang dapat diukur. Bentuk atau bidang geometrik ini sangan umum dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dari bentuk geometris adalah lingkaran, segitiga, persegi, kotak, dan lain-lain.
  2. Bentuk natural merupakan bentuk yang ukurannya dapat berubah dan berkembang. Bentuk atau bidang natural diambil dari bentuk hewan, tumbuhan, dan manusia yang merupakan makhluk hidup. Bentuk natural ini tercipta atas hasil kreasi para desainer sehingga memiliki tampilan yang estetik dan sesuai dengan tema serta gaya masing-masing desainer.
  3. Bentuk abstrak merupakan bentuk yang kasat mata, tidak jelas, dan tidak terdefinisi. Bentuk atau bidang abstrak diambil dari bentuk-bentuk yang ada di alam. Bentuk abstrak dibuat dengan menyederhanakan bentuk-bentuk benda yang ada di alam. Contohnya seperti bentuk abstrak berupa simbol-simbol pada fasilitas umum dan rambu-rambu lalu lintas.

(Baca juga: Tipografi Dalam Desain)