People Innovation Excellence
 

INI DIA TIPS ATASI GENGSI

Seseorang yang memiliki rasa Gengsi  biasanya timbul karena kurangnya rasa percaya diri dan malu untuk mengakui kekurangan diri sendiri.

Gengsi sendiri bersangkutan dengan harga diri, kehormatan serta martabat.

Orang dengan Gengsi tinggi akan berusaha bagaimanapun caranya untuk terlihat sepadan dengan orang lain.

Mereka tidak ingin dipandang sebelah mata dan tidak suka menunjukkan kelemahannya karena takut di bully ataupun di ejek.

Ketika seseorang memiliki kegengsian yang tinggi merasa nyaman di zonanya, seiring perjalanan waktu mereka akan terbiasa berbohong demi menjaga nama baiknya ataupun harga dirinya. Mereka akan menata sedemikian rupa agar terlihat memiliki segalanya, padahal mereka tidak memilikinya.

Gengsi merupakan sifat yang buruk, kalian tidak ingin kan memiliki sifat yang buruk ataupun semakin terjerumus kedalam per gengsian ?

Maka dari itu kami akan memberikan beberapa tips yang bisa membantu kalian mengatasi rasa gengsi, yuk kita simak bersama-sama..

1.   Jangan Keras Kepala

Gengsi bukan hanya membahas harta benda saja lho.. Gengsi memiliki banyak arti. Seperti contohnya mungkin banyak dari antara kita yang pernah mengalaminya yaitu malas menyapa terlebih dahulu dengan alasan malu atau takut tidak disapa balik, ragu meminta maaf duluan karena takut nanti dikiranya terlihat lemah dan tidak mau mengirim pesan terlebih dahulu karena gengsi apalagi terhadap lawan jenis.

Wah siapa nih yang suka gengsi kirim chat duluan ke gebetannya? kalian rela menahan rindu hanya demi menjaga harga diri.

Nyatanya, ketika kalian mengirim pesan terlebih dahulu ataupun meminta maaf duluan adalah sesuatu yang baik, bukan berarti ketika kalian meminta maaf terlebih dahulu kalian dianggap salah maupun lebih rendah. Karena sebenarnya orang lain akan berpikir bahwa kalian rendah hati dan tidak sombong.

2.   Menjadi Diri Sendiri

Menjadi diri sendiri merupakan kunci utama untuk mengatasi rasa Gengsi, Biasanya seorang yang memiliki gengsi tinggi akan mengikuti penampilan orang lain agar mereka lebih dipandang.

Sebenarnya, kalian tidak perlu mengikuti apapun yang dimiliki orang lain agar dihargai ataupun dipandang. Bisa saja mereka juga sama dengan kalian.

Kalian harus belajar bersyukur mengenai apa yang sudah kalian dapatkan dan miliki dari hasil kerja keras sendiri.

3.   Pilih Lingkungan Pertemanan Yang Baik

Memilih lingkungan pertemanan memang tidak mudah, harus memilih mana yang baik untuk perkembangan kalian.

Kalian tidak bisa mengetahui luar dalam mengenai teman kalian dengan waktu yang singkat. Pasti membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk saling mengenal.

Tanpa kalian sadari bisa saja rasa gengsi muncul di dalam pertemanan tersebut. Misalnya teman dekat kalian memiliki prestasi di kelasnya, namun kalian belum mendapatkan kesempatan yang sama ataupun sebaliknya.

Maka dari itulah kalian harus benar-benar memilih dalam mencari pertemanan.

Bergaulah sesuai dengan diri kalian dan tentunya membuat kalian merasa nyaman untuk menjadi diri sendiri.

Gengsi bisa timbul kapan saja, tergantung bagaimana pikiran kita terhadap orang lain. Ketika orang sekeliling kalian lebih hebat, seharusnya kalian menjadi lebih semangat untuk mencapai hal yang sama. Jadikan hal itu sebagai pacuan kalian bukan nya merasa iri maupun gengsi ya gais.

Itulah beberapa hal yang bisa kami rangkum untuk kalian agar bisa terlepas dari rasa gengsi.

Mau tahu lebih banyak mengenai informasi unik dan menarik? Yuk check terus artikel dari https://www.binus.ac.id/kampus-malang


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close