People Innovation Excellence
 

CARA BERADAPTASI DI PEKERJAAN BARU

Berpindah tempat kerja demi mencari yang terbaik merupakan hal umum. Baik karena mencari yang terbaik ataupun alasan lainnya, kalian harus mempersiapkan diri dan lainnya dengan tepat untuk memulai hal baru di perusahaan.

Setiap perusahaan pasti memiliki budaya tersendiri, maka penting sekali bagi kalian untuk memahami hal tersebut sejak awal. Selama di tahap ini, kalian juga harus memikirkan kenyamanan diri lho, agar bisa tetap produktif dan tentunya betah bekerja di lingkungan baru

Bagi kalian yang berpikir ingin stay cool dengan bersikap jarang berbicara dan lain sebagainya di tempat baru agar terlihat keren, kalian salah besar. Dengan sikap kalian yang seperti itu, bisa-bisa rekan kerja yang baru akan beranggapan bahwa kalian adalah seorang yang cuek, tidak friendly maupun sombong. Yang nantinya akan berimbas pada tahap beradaptasi di tempat kerja yang baru. Wahh tentunya kalian tidak mau kan mengalami hal seperti itu? Maka dari itu penting sekali jika kita bersikap sebagaimana mestinya, seperti saling menyapa, mulai bergabung dengan rekan kerja dan lain sebagainya. Semakin cepat kalian beradaptasi, semakin cepat juga kalian merasa nyaman dalam lingkungan tersebut

Menyesuaikan diri dengan posisi dilingkungan baru juga jangan ketinggalan ya, hal tersebut penting dilakukan apalagi jika posisi yang baru berbeda dengan sebelumnya. Dengan menguasai semuanya dalam waktu cepat, pasti semuanya akan lancar dan baik-baik saja.

Lalu bagaimana cara beradaptasi di pekerjaan baru agar semuanya baik-baik saja? Yuk kita ulas secara bersama-sama

1. Bersikap Friendly Dan Berkenalan Secara Profesional

Yang pertama, Ketika kalian memasuki lingkungan pekerjaan yang baru, selalu ingat untuk bersikap ramah namun dengan ikhlas ya jangan terpaksa.

Menunjukkan pribadi yang tenang dan tersenyum dengan ramah pada rekan kerja merupakan sesuatu yang penting. Kalian bisa saling tegur sapa dengan sopan agar kesan profesional juga terlihat.

Memperkenalkan diri kepada rekan kerja yang baru jangan dilupakan ya, agar kalian bisa menjadi lebih dekat dan menjadi bagian dari lingkungan kerja yang baru. Berikan kesan yang hangat dan friendly agar teman rekan kerja kalian nyaman berada di sisi kalian.

2. Bekerja Dengan Profesional Dan Hindari Permasalahan

Yang kedua, Jangan pernah sekali-kali kalian membuat masalah di awal karena bisa jadi akan ada pertimbangan untuk menerima kalian di dalam perusahaan tersebut. Kalian bisa menghindari hal tersebut di awal, lakukan semua pekerjaan dengan cepat, tepat dan tentunya profesional agar semua bisa selesai dengan baik.

Jika kalian menemukan kesulitan, sebaiknya kalian bertanya kepada rekan kerja ataupun atasan agar semuanya bisa teratasi tanpa menyebabkan masalah. Ketika di awal bekerja sebaiknya hindari sikap sok tau ataupun sok pintar, agar tidak mengundang permasalahan ditempat kerja yang baru.

3.   Jangan Menutup Diri

Yang ketiga, ketika kalian memiliki lingkungan baru secara langsung kalian akan diberikan kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru yang nantinya akan menjadi teman kerja. Dari sinilah kalian harus memulai beradaptasi dan mau membuka diri terlebih dahulu.

Lakukan dengan natural agar tidak terkesan berlebihan, dan membuat rekan kerja kalian tidak terganggu. Bergabung dengan rekan kerja tidak hanya pada saat bekerja, kalian juga bisa bergabung pada saat makan siang di luar maupun acara-acara lainnya diluar jam kerja.

4.   Tinggalkan Kebiasaan Buruk di Tempat Lama

Yang keempat, berpindah ke tempat kerja yang baru merupakan kesempatan yang baik untuk kalian memperbaiki diri. Manfaatkan dengan baik kesempatan tersebut agar kalian bisa menjadi karyawan yang lebih profesional dari sebelumnya.

Usahakan jangan membawa kebiasaan buruk tersebut seperti datang terlambat, terlalu sering izin, menunda pekerjaan bahkan sampai membantah atasan. Yuk ubah kebiasaan tersebut agar atasan suka dengan kalian.

5.   Cari Tahu Budaya Perusahaan Baru

Yang kelima, Semua perusahaan pasti memiliki budaya kerja yang berbeda-beda, bisa jadi ditempat baru kalian menemukan banyak perbedaan dengan lingkungan kerja yang lama.

Maka penting sekali bagi kalian untuk beradaptasi dengan baik dan tentunya mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan yang akan kalian tempati.

Tetaplah tenang dan percaya diri agar kalian bisa menemukan titik kenyamanan ditempat baru. Cobalah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru secara perlahan.

Siapa yang tidak suka jika mendapatkan lingkungan pekerjaan baru yang nyaman? semua orang pasti mendambakan hal tersebut. Namun bisa jadi semua itu tidak sesuai dengan harapan, maka perlu yang namanya beradaptasi. Beradaptasi merupakan sesuatu yang bersifat penting untuk kalian yang baru pindah ke tempat baru. Lakukanlah dengan perlahan dan jangan terburu-buru, supaya semuanya bersifat natural serta menemukan kenyaman. Memulai segala sesuatunya dengan baik niscaya kalian bisa sukses dan bekerja dengan nyaman kedepannya.

Yuk cari tahu artikel-artikel terbaru dari https://www.binus.ac.id/kampus-malang dan temukan informasi terkini yang bermanfaat untuk kalian.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close