Haii sobat muda, tahukah kalian pentingnya financial planning yang baik dan benar?

Apa sih Financial Planning itu? Financial Planning sendiri adalah rencana keuangan. Jika kita sudah memiliki penghasilan sendiri, maka uang hasil gaji kita akan digunakan untuk apakah di masa yang akan datang?

Financial Planning kita kalau salah, maka uang kita akan digunakan untuk hal – hal yang tidak penting. Lalu apakah yang harus kita lakukan untuk financial planning?

Disini, kalian akan diajarin apa saja sih tahapan dalam financial planning itu?

1. Make Money

Make Money bisa berupa hasil gaji kita dari pekerjaan setiap bulannya. Atau buat kalian yang masih kuliah dan masih diberikan uang saku tiap bulan oleh orang tua, maka uang tersebut yang akan kita gunakan untuk menyusun financial planning.

2. Save Money

Dalam keadaan apapun, kita harus menyisihkan beberapa uang saku kita untuk disimpan sebagai dana darurat. Dana darurat adalah dana yang kita pakai apabila dengan sangat terpaksa kita harus memakai dana tersebut.

3. Protect Money

Dalam segala hal pasti memiliki resiko. Sama halnya dengan kekayaan atau uang kita. Uang kita memerlukan adanya proteksi atau perlindungan yang berupa asuransi untuk menjaga hasil kekayaan kita kedepannya. Apabila sesuatu terjadi kepada diri kita sendiri, maka asuransi akan membantu keluarga kita untuk memenuhi kebutuhan keuangan yang dibutuhkan.

4. Invest Money

Jaman sekarang merupakan jaman yang modern. Segala bentuk investasi dapat kita ketahui dan pelajari dalam satu kali klik di google. Investasi bisa berupa saham, reksadana, maupun jenis simpanan lainnya. Banyak cara yang dapat membantu kita dalam menginvestasikan uang kita.

5. Maintain Money

Di tahap terakhir ini, berapapun uang yang kita miliki, kita harus dapat memelihara uang kita dengan baik. Memelihara disini yang dimaksudkan adalah kita dapat dengan baik mengalokasikan dana yang kita punyai untuk memenuhi kebutuhan saat ini dan saat yang akan datang.

Sudahkah kalian membuat financial planning untuk keuanganmu?

Yuk belajar dari hal yang kecil untuk dapat sukses dalam hal keuangan…