dunia mengalami pandemi Covid-19 bisnis online semakin banyak diminati. Banyak orang yang beralih membuka bisnis online dengan memanfaatkan kecanggihan digitalisasi. Namun tahukah kalian jika membuka sebuah usaha tidak bisa sembarangan lho, membuka sebuah usaha terutama bisnis online harus memiliki skill khusus agar bisnisnya bertahan dan mampu berkembang dengan baik di tengah gencatan trend  bisnis online.

Ketika kita ingin memulai segala sesuatu apalagi seperti berbisnis online penting sekali melakukan persiapan. Persiapannya apa aja sih ? yang pasti dan paling utama adalah modal, namun ternyata bukan hanya itu saja melainkan kita harus menyiapkan mental baja untuk siap menghadapi jatuh bangunnya berbisnis, selain kedua hal tersebut kita juga perlu memahami point-point penting mengenai berbisnis

Nah, kira-kira apa saja ya skill yang perlu didalami agar kita menjadi pebisnis online?

Berikut 5 skill yang wajib kita dalami agar menjadi pebisnis online sukses:

1.   Mampu Berkomunikasi Secara Online

Dalam bisnis online kita harus menguasai penggunaan bahasa tulisan melalui berbagai media online yang bisa menguntungkan bisnis kita salah satu contohnya yaitu website.

Disini kita harus pandai memilih media sosial yang sesuai dengan bisnis kita untuk mempromosikan produk maupun layanan yang kita jual.

Dalam berbisnis penjual harus bisa mengakrabkan diri dengan pembeli seperti bagaimana penjual merespon pembeli yang bertanya dan lain sebagainya dengan bahasa yang sopan dan mudah dipahami. Ketika kita mampu mengambil hati pembeli, dijamin pembeli akan senang berbelanja online di toko kita.

2.   Analisis Riset

Melakukan analisis sangat diperlukan dalam berbisnis agar kita bisa mengetahui target pasar apa yang sedang dibutuhkan dan diinginkan oleh calon pembeli. Dengan melakukan analisis dan riset pada bisnis online kita bisa mengetahui kondisi yang sedang terjadi pada bisnis kita sehingga bisa segera ditangani jika terjadi kesalahan.

3.   SEO

Memiliki skill SEO (Search Engine Optimization) dan menerapkannya di bisnis online yang sedang dijalankan merupakan hal yang tepat. Karena SEO mampu membantu penjualan produk dengan cara membuat artikel. Dimana dengan menggunakan artikel SEO, produk kalian bisa menjadi halaman pertama di google sehingga orang yang mencari produk serupa dengan yang dijual bisa menemukan bisnis online kita dan membeli produk tersebut di toko kita. .

Namun harus dengan strategi SEO yang tepat ya..

4.   Marketing Online

Berbisnis online memiliki strategi marketing yang berbeda dengan offline. Jika kita ingin menghemat biaya marketing, bisa banget lho menggunakan media sosial seperti tiktok, instagram, facebook dan lain sebagainya. Apalagi aplikasi tiktok sedang naik daunnya sehingga cocok sekali jika kita melakukan promosi melalui live di tiktok. Yang terpenting kita sebagai penjual bisa mengetahui dan memahami bagaimana cara menarik pembeli agar melakukan pembelian di toko online kita.

5.   Desain dan fotografi dasar

Skill terakhir yaitu perlu mendalami desain dan fotografi meskipun itu masih dasar. Kedua hal ini sangat berguna bagi kita pebisnis online untuk kebutuhan menata tampilan toko online kita, kemasan produk dan lain sebagainya agar menarik pembeli dan berkesan di hati sehingga pembeli mudah mengingat produk yang dijual.

Membuat foto produk yang menarik memiliki peran penting lo, jadi jangan disepelekan ya.. Apa alasannya? karena pembeli hanya mengandalkan review dan foto asli dari penjual bukan barang fisik, maka dari itu kita harus paham betul posisi foto yang bagus, pencahayaan yang sesuai demi menunjang hasil foto asli dan membuat toko online kita memiliki nilai jual yang tinggi.

Dengan memiliki 5 skill diatas kita bisa menikmati beberapa keuntungan antara lainnya yaitu memangkas beban gaji karyawan karena bisa kita kerjakan sendiri dengan batuan digitalisasi. kedua, kita bisa menyesuaikan dan leluasa mengelola bisnis sesuai keinginan kita. Ketiga, dengan memiliki bisnis online kita tidak perlu membayar biaya operasional yang biasa toko offline punya otomatis kalian bisa lebih hemat dan keuntungan semakin banyak.

Nah, itulah 5 skill yang mampu membantu kalian menjadi sukses sebagai pebisnis online. Dalami dan selalu belajar mengenai skill-skill baru agar perjalanan bisnis online kalian lancar dan semakin berkembang sesuai harapan.

Buat kalian yang ingin menjadi pebisnis muda baik online maupun offline bisa banget lo menuntut ilmu di kampus swasta terbaik di kota MALANG. Yups, kota yang memiliki julukan kota pendidikan ini terdapat kampus BINUS @MALANG yang dinobatkan menjadi kampus terbaik dan memiliki akreditasi “A”.

BINUS @MALANG memiliki jurusan S1 Entrepreneurship – Business Creation, dimana jurusan ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mendalami suatu bisnis.

BINUS @MALANG menekankan pada misinya untuk menghasilkan wirausahawan yang kreatif dan inovatif, memiliki jiwa tangguh, berintegritas, mampu bekerja dalam tim dan mampu bersaing secara global. Wahh keren banget kan…

Yuk check terus artikel terbaru dari https://www.binus.ac.id/kampus-malang supaya tidak ketinggalan membaca artikel bermanfaat lainnya yang membantu kalian lebih berkembang.