Relational adalah hubungan antara entity. Semisal pada contoh di atas entity manusia mempunyai hubungan dengan entity alamat yaitu”tinggal di”. Di dalam merancang database hendaknya seluruh entity yang ada mempunyai hubungan dengan entity yang lain, minimal satu. Jika ada entity dalam database yang tidak mempunyai hubungan dengan satupun entity yang lain, maka akan timbul kesalahan dalam desain. Biasanya entity yang tidak berhubungan akan dihilangkan.

Macam relasi ada 4, antara lain :

  1. One to one : Sebuah entitas A yang berpasangan dengan tepat satuentitas B. Demikian pula entitas B juga berpasangan tepat satu dengan entitas A. Contoh entitas mahasiswa yang berelasi denganentitas skripsi secara one to one.
  2. One to many : Sebuah entitas A yang berpasangan secara banyak (nolatau lebih) dengan entitas di dalam B. Sedangkan entitas B hanyaberpasangan dengan tepat satu entitas di dalam A. Contoh : entitasmahasiswa yang berelasi dengan entitas dosen dalam hubungandosen pembimbing. Relasi yang terjadi secara one to many. Karenaseorang mahasiswa hanya memiliki 1 dosen pembimbing. Sedangkanseorang dosen bisa jadi memiliki mahasiswa bimbingan lebih dari satu.
  3. Many to one : Sebuah entitas A yang berpasangan dengan tepat satuentitas di dalam B. Sedangkan entitas B dapat berpasangan secarabanyak (nol atau lebih) dengan entitas di dalam A. (sama seperti oneto many hanya dibalik pengertiannya)
  4. Many to many : Sebuah entitas A yang berpasangan secara banyak(nol atau lebih) dengan entitas di dalam B. Dan entitas B juga dapatberpasangan secara banyak (nol atau lebih) dengan entitas di dalam A. Contoh : entitas mahasiswa yang berelasi dengan entitas matakuliah dalam hubungan KRS. Relasi tersebut adalah many to many. Karena seorang mahasiswa dapat mengambil banyak matakuliah. Sedangkan satu mata kuliah bisa jadi diambil oleh beberapa mahasiswa.