People Innovation Excellence
 

Entity Set

Entity set adalah sesuatu atau objek yang ada di dalam dunia nyata yang berbeda dengan objek lainnya, memiliki atribut penyusun, dan merupakan pembangun suatu sistem. Contoh, manusia yang bekerja disuatu perusahaan adalah sebuah entity. Entity mempunyai atribut bernilai (values), misal : 000113452 merupakan sebuah nomer indukseorang pekerja (atribut nomer induk pekerja). Selain itu, seorang pekerja juga mempunyai tanggal lahir. Di sini tanggal lahir merupakan atribut dari entity pekerja yang berkedudukan sejajar dengan atribut nomer induk pekerja.

Entity mempunyai beberapa tipe atribut seperti :

  1. Simple atribute : entity yang atributnya tidak dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil.
  2. Composite atribute : entity yang atributnya dapat dibagi menjadiatribut yang lebih kecil. Misalnya : atribut nama bisa dibagi menjadinama awal, nama tengah, dan nama akhir.
  3. Singlevalued attribute : entity yang atributnya hanya dapat berisisatu nilai. Misal nomer induk pekerja.
  4. Multivalued attribute : entity yang atributnya dapat berisi nol, satu atau lebih dari satu nilai. Misalnya : atribut telephon, bisa jadi seorang pekerja mempunyai nol, satu, atau lebih telephon.
  5. Atribut turunan : entity yang atributnya dapat diturunkan dari atributlainnya. Misalnya : atribut umur dapat diketahui dari atribut tanggal lahir dan tanggal pada saat itu.

Published at :
Written By
Chasandra Puspitasari, S.Kom., M.Cs.
Faculty Member | Bina Nusantara University
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close