Entity set adalah sesuatu atau objek yang ada di dalam dunia nyata yang berbeda dengan objek lainnya, memiliki atribut penyusun, dan merupakan pembangun suatu sistem. Contoh, manusia yang bekerja disuatu perusahaan adalah sebuah entity. Entity mempunyai atribut bernilai (values), misal : 000113452 merupakan sebuah nomer indukseorang pekerja (atribut nomer induk pekerja). Selain itu, seorang pekerja juga mempunyai tanggal lahir. Di sini tanggal lahir merupakan atribut dari entity pekerja yang berkedudukan sejajar dengan atribut nomer induk pekerja.

Entity mempunyai beberapa tipe atribut seperti :

  1. Simple atribute : entity yang atributnya tidak dapat dibagi menjadi bagian yang lebih kecil.
  2. Composite atribute : entity yang atributnya dapat dibagi menjadiatribut yang lebih kecil. Misalnya : atribut nama bisa dibagi menjadinama awal, nama tengah, dan nama akhir.
  3. Singlevalued attribute : entity yang atributnya hanya dapat berisisatu nilai. Misal nomer induk pekerja.
  4. Multivalued attribute : entity yang atributnya dapat berisi nol, satu atau lebih dari satu nilai. Misalnya : atribut telephon, bisa jadi seorang pekerja mempunyai nol, satu, atau lebih telephon.
  5. Atribut turunan : entity yang atributnya dapat diturunkan dari atributlainnya. Misalnya : atribut umur dapat diketahui dari atribut tanggal lahir dan tanggal pada saat itu.