People Innovation Excellence
 

Community Service: Pelatihan Bahasa Inggris Dasar untuk JPPRI Jawa Timur

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara Language Center (LC) dan Teach For Indonesia (TFI), yaitu dalam bentuk pelatihan bahasa Inggris secara daring dengan menggunakan aplikasi WhatsApp. Sasaran komunitas pelatihan ini adalah Jaringan Perempuan Pekerja Rumahan Indonesia (JPPRI) Jawa Timur. Teach For Indonesia (TFI) telah mengenal rekam jejak kegiatan JPPRI sejak tahun 2020. JPPRI sendiri merupakan organisasi perempuan di mana anggotanya berfokus kepada praktik usaha ekonomi rumahan, seperti penjahit, pedagang, tenaga kesehatan, dll. Dengan kondisi ini, JPPRI memang fokus kepada kegiatan advokasi bagi para anggotanya, yaitu menyuarakan hak jaminan perlindungan sosial, kesehatan dan ekonomi mereka kepada pemerintah.

 

Selain advokasi, JPPRI juga menyediakan program pendidikan dan pelatihan guna mengembangkan wawasan dan keterampilan anggotanya yang relevan dengan visi dan misi JPPRI. Salah satu yang dibutuhkan untuk pengembangan diri mereka adalah pelatihan bahasa Inggris, mengingat kiprah organisasi ini telah menjangkau kawasan Asia tenggara dan sekitarnya. Karena itu, TFI dan LC berkolaborasi untuk memberikan pelatihan bahasa Inggris kepada rekan-rekan JPPRI.

 

Jika melihat latar belakang pendidikan dan situasi terkini komunitas, para peserta adalah lulusan dari beberapa jenjang pendidikan (S1 berbagai jurusan dan SMA); sebagian dari mereka adalah para ibu rumah tangga bahkan ada yang memiliki usaha, baik online maupun dengan toko fisik. Jika mengacu pada situasi ini, tim pengabdian kami dapat menggambarkan bahwa peserta membutuhkan soft skills yang dapat mereka manfaatkan secara umum. Tim kami berasal dari latar belakang pendidikan bahasa inggris dan permintaan dari komunitas adalah pelatihan dalam bidang bahasa inggris (productive skill). Di masa sekarang, pekerjaan di bidang wirausaha maupun bukan sulit terlepas dari kemampuan berbahasa asing, paling tidak berbahasa inggris, jika ingin berkembang dan merangkul jaringan internasional. Berdasarkan analisis situasi ini, tim kami memberikan pelatihan kontekstual dan umum terkait bahasa inggris dasar yang sekiranya dapat bermanfaat dan benar-benar dipraktikkan oleh peserta; bukan hanya mengajarkan grammar yang teoritis namun juga kepada praktek pengaplikasian teori di dalam komunikasi sehari-hari.


Published at :
Written By
Asih Zunaidah
Lecturer Specialist LC | BINUS Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close