People Innovation Excellence
 

TERNYATA DALAM DUNIA KERJA MEMBUTUHKAN 3 SOFT SKILL BERIKUT

Setiap perusahaan pasti akan menyukai seorang muda yang profesional dan memiliki soft skill sesuai standar untuk bersaing dengan perusahaan lainnya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai soft skill yang dibutuhkan didunia kerja, kalian tahu ga sih perbedaan antara soft skill dengan hard skill?

Hard skill sendiri memiliki pengertian kemampuan yang bisa diukur dan dievaluasi, seperti contohnya adalah perusahaan yang mencari kandidat dengan skill marketing, perpajakan, dan microsoft office.

Sedangkan soft skill merupakan kepribadian yang dibutuhkan agar dapat memberikan yang terbaik didalam perusahaan, dari skill inilah orang mampu melihat bagaimana karakter kita..

Hanya dengan mengandalkan nilai akademik dan hard skill saja untuk melamar pekerjaan tidaklah cukup. Maka dari itu jangan sepelekan soft skill kalian ya, lakukan yang terbaik agar kalian lebih unggul di lingkungan kerja.

Kira-kira apa aja sih soft skill yang dibutuhkan ? berikut 3 soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja

1.   Leadership

Beberapa dari kita pasti ada yang suka menjadi seorang pemimpin, hal tersebut sangatlah baik. Karena perusahaan mencari seorang yang memiliki jiwa kepemimpinan.

Namun, bagaimana dengan teman-teman yang kurang bisa memimpin bahkan tidak berani menjadi pemimpin ? padahal  soft skill ini sangat dibutuhkan didunia pekerjaan, Tentunya kalian tidak menginginkan di masa kerja akan menduduki posisi yang sama kan ?

Semua diantara kita pasti menginginkan posisi yang meningkat dalam pekerjaannya, maka dari itu kalian diharuskan memiliki soft skill leadership.

Bagaimana sih cara kita memiliki soft skill kepemimpinan? cara pertama yang harus kalian lakukan adalah BERANI. Kalian harus siap sedia kapanpun ketika kesempatan itu datang.

Ketika kalian diberikan tawaran menjadi pemimpin, usahakan terimalah tawaran tersebut. Karena kita tidak tahu kapan kesempatan besar datang untuk yang kedua kalinya.

2.   Berpikir Kritis

Berpikir kritis wajib ada dalam skill profesional muda. Kalian bisa melatih soft skill ini dengan perbanyak membaca dan melakukan debat yang bermutu disertai diskusi. Kegiatan tersebut sangat membantu kalian mengembangkan soft skill berpikir kritis.

Dengan membaca kalian bisa menemukan kata-kata baru dan juga membuka wawasan dalam berbagai topik.

Kemampuan berpikir kritis berguna untuk melihat segala aspek dengan rasional. Kemampuan ini bisa membawa kalian untuk mengerti gagasan yang logis dan mengetahui kebenaran dari hal tersebut. Intinya, kalian tidak akan mudah percaya dan terhindar dari kecurangan yang akan menipu kalian.

3.   Public Speaking

Soft skill yang ketiga yaitu public speaking, Soft skill satu ini juga sangat penting dimiliki bagi setiap orang, tidak hanya profesional muda saja.

Dengan menjadi pendengar yang baik, kalian bisa memiliki soft skill ini lho, wah kenapa begitu ? hal itu terjadi karena ketika kalian mendengar orang lain berbicara, secara langsung kalian bisa belajar berbicara dengan baik. Selain melakukan cara tersebut, kalian bisa merekam suara seperti presentasi, dari memutar ulang rekaman tersebutlah kalian bisa memahami seperti apa kalian berkomunikasi dan memperbaiki jika ada yang kurang.

Nah, itulah ketiga soft skill yang wajib kalian miliki ketika memasuki dunia pekerjaan. Jadilah seorang profesional muda yang unggul di dalam lingkungan pekerjaan kalian. Ingin info lebih up to date ?

yuk cari tahu melalui berbagai artikel di  https://www.binus.ac.id/kampus-malang


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close