Pernahkah kalian berpikir bahwa karir dan pekerjaan adalah dua hal yang berbeda? Memang keduanya memiliki kesan yang sama, namun sebenarnya karir dan pekerjaan memiliki arti yang sangat berbeda. Beberapa penulis mencantumkan bahwa pekerjaan merupakan sesuatu hal yang bukan milik kita pribadi, sedangkan Karir adalah sesuatu yang kita miliki secara pribadi.

Lebih jelasnya, pekerjaan adalah sebuah kesempatan yang diberikan oleh perusahaan untuk kita agar bisa lebih berkembang secara ilmu maupun karakter. Pekerjaan bagaikan alat yang biasa kita gunakan untuk mencapai semua keinginan kita dan memenuhi kebutuhan sehari hari. Pada intinya pekerjaan hanyalah suatu aktivitas aktif yang bukan milik pribadi, tetapi milik perusahaan demi mencapai visi dan misi nya.

Namun berbeda dengan Karir, karir memiliki arti yang lebih bermakna, karir merupakan sebuah cita-cita, tujuan hidup dan ambisi. Kita bisa berjuang demi mencapai karir yang sukses dimasa depan. Pada dasarnya pekerjaan hanyalah sebuah proses. Karir dapat dicapai sesuai dengan passion yang kita miliki.

Ketika seseorang memiliki titik fokus yang banyak dalam menentukan karirnya, mereka cenderung bekerja apa adanya yang tidak sesuai dengan fokus mereka. Hal tersebut terjadi karena mereka bingung menentukan pilihan yang terlalu banyak. Maka dari itu penting sekali menentukan satu fokus yang tepat sesuai dengan passion.

Seorang yang mengejar karir akan selalu berusaha menambah wawasan dan mengasah ilmu sesuai fokusnya.

Namun seseorang yang mengejar pekerjaan juga tidak salah lho, Kenapa bisa begitu ? karena dalam bekerja bisa mendapatkan pengalaman untuk membentuk karir kedepannya. Banyak lho orang yang membentuk karirnya dari pekerjaan yang dilakukan.

Yuk, mulai bangun karir dari sekarang, tentukan passion terlebih dulu sesuai dengan bidang yang digemari, kembangkan dan lakukan sesuai keinginan karir kalian. Semangat.

Tertarik dengan topik diatas? check https://www.binus.ac.id/kampus-malang untuk artikel lainnya..