Ada sejumlah distribusi probabilitas yang berbeda. Masing-masing distribusi ini memiliki aplikasi dan penggunaan khusus yang sesuai dengan pengaturan tertentu. Distribusi ini berkisar dari kurva lonceng yang selalu dikenal (distribusi normal) hingga distribusi yang kurang dikenal, seperti distribusi gamma. Kebanyakan distribusi melibatkan kurva kerapatan yang rumit, tetapi ada beberapa yang tidak. Salah satu kurva kerapatan yang paling sederhana adalah untuk distribusi probabilitas uniform. 

Fitur Distribusi Uniform 

Distribusi uniform mendapatkan namanya dari fakta bahwa probabilitas untuk semua hasil adalah sama. Tidak seperti distribusi normal dengan punuk di tengah atau distribusi chi-kuadrat, distribusi uniform tidak memiliki modus. Sebaliknya, setiap hasil kemungkinan besar akan terjadi. Tidak seperti distribusi chi-kuadrat, tidak ada kemiringan pada distribusi uniform. Hasilnya, mean dan median bertepatan. Karena setiap hasil dalam distribusi uniform terjadi dengan frekuensi relatif yang sama, bentuk distribusi yang dihasilkan adalah persegi panjang. 

Distribusi Uniform untuk Variabel Acak Diskrit 

Setiap situasi di mana setiap hasil dalam ruang sampel memiliki kemungkinan yang sama akan menggunakan distribusi uniform. Salah satu contohnya dalam kasus diskrit adalah menggulung dadu standar tunggal. Ada total enam sisi dadu, dan setiap sisi memiliki kemungkinan yang sama untuk digulung menghadap ke atas. Histogram probabilitas untuk distribusi ini berbentuk persegi panjang, dengan enam batang yang masing-masing memiliki tinggi 1/6.