Distribusi peluang diskrit adalah distribusi peluang terjadinya setiap nilai variabel random diskrit. Sedangkan variabel random diskrit adalah variabel random yang memiliki nilai yang dapat dihitung. Jenis-jenis distribusi probabilitas diskrit antara lain uniform, binomial, multinomial, geometrik, hipergeometrik, dan poisson. Pada pembahasan ini akan dijelaskan khusus untuk distribusi binomial. 

Syarat kejadian binomial, yaitu: 

  • Terdapat n kali percobaan. 
  • Setiap percobaan hanya memiliki dua kemungkinan, seperti Ya – Tidak atau Sukses – Gagal. 
  • Peluang suatu percobaan harus sama, tidak berubah untuk setiap percobaan. 
  • Percobaannya bersifat independen yang berarti peristiwa dari suatu percobaan tidak memengaruhi peristiwa percobaan lainnya. 

Pada percobaan melempar koin sebanyak 10x, berarti ada n percobaan sebanyak 10 (n=10), artinya syarat pertama cocok. Kemudian, ada dua kemungkinan muncul pada koin tersebut, yaitu  Angka – Gambar, berarti syarat kedua cocok. Lanjut lagi, peluang percobaan untuk memunculkan angka atau gambar sama, yaitu 50:50 atau ½, artinya syarat ketiga cocok. Terakhir, percobaan melempar koin tidak mempengaruhi satu sama lain, kalau angka yang keluar, berarti peluang kemunculannya tetap ½, jadi tidak mempengaruhi peluang munculnya gambar. 

Dengan begitu, percobaan melemparkan koin termasuk dalam percobaan Binomial. 

Instruksi yang ke-2, yaitu percobaan melempar dadu sebanyak 10 kali. Syarat pertama cocok. Bagaimana dengan syarat selanjutnya? Setiap pelemparan dadu, maka peluang munculnya mata dadu 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 adalah ⅙. Masing-masing peluang tersebut tidak saling mempengaruhi peluang kemunculan mata dadu lainnya. 

Dengan begitu, percobaan melemparkan dadu termasuk dalam percobaan Binomial.