Pada masa seperti sekarang ini, gaya hidup anak muda terlalu menghabiskan banyak biaya. Seperti membeli barang online yang tidak dibutuhkan, gemar nongkrong bareng teman, terlalu sering traveling.

Ketika uang tersebut dikeluarkan untuk hal yang seharusnya tidak terlalu penting, tanpa disadari sebenarnya kalian menunda mimpi di masa mendatang dan menghambat target yang sudah ditetapkan salah satunya membeli rumah impian.

Tingginya harga rumah setiap tahun mengharuskan kita untuk menabung lebih awal. Melihat dan mencatat keuangan sangatlah penting untuk mempermudah target pembelian rumah impian.

Membeli rumah memang tidak semudah membeli permen, butuh cara menabung yang benar dan tepat agar uang tersebut segera terkumpul.

Semakin muda kita memahami cara menabung yang baik dan benar hasilnya akan segera terkumpul. Menabung bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan yang namanya konsisten dalam jangka yang tidak sebentar.

Apalagi jika kita menabung untuk membeli rumah, semakin tahun harga rumah pasti akan melambung atau naik, maka dari itu menabung untuk membeli rumah impian harus dengan cara yang benar dan tepat.

Membeli rumah ketika kalian masih lajang atau sendiri tidak ada salahnya lho, karena rumah bisa menjadi investasi yang memiliki nilai signifikan setiap tahunnya.

Maka dari itu yuk kita bahas berikut 4 cara menabung agar rumah impian segera menjadi kenyataan

1.   Memiliki Rekening Terpisah

Siapa yang masih memiliki 1 rekening  dan mencampur uang pribadi dengan uang tabungan?

Mulai sekarang alangkah lebih baiknya jika kalian memisah menjadi 2 rekening, Hal tersebut akan sangat membantu kalian mengontrol pengeluaran dan pemasukan.

Selain itu memiliki 2 rekening bisa menghindari kalian memakai uang untuk keperluan pribadi yang seharusnya untuk ditabung lho, dengan cara ini uang tabungan kalian akan aman dan tidak akan berkurang.

2.   Menghemat Biaya Hidup

Menghemat gaya hidup memang memiliki pengaruh yang cukup besar untuk mempercepat terkumpulnya tabungan. Apalagi ketika kalian ingin menabung untuk membeli rumah, kalian harus bisa melakukan metode hidup hemat.

Melihat promo di mall memang menyenangkan, tapi kalian harus tetap mengingat bahwa sesuatu yang tidak perlu jangan dibeli meskipun diskon sekalipun. Biasakan menjalankan hidup hemat agar tabungan kalian segera terkumpul dan rumah impian bisa dimiliki.

3.   Merencanakan Keuangan

Merencanakan keuangan seperti menabung di awal bulan bisa kalian lakukan. Ketika kalian sudah menerima gaji, wajib hukumnya untuk memisahkan uang yang diterima untuk disimpan, seperti menetapkan berapa persen dari hasil gaji untuk ditabung.

4.   Menentukan Budget Rumah

Selanjutnya, menentukan budget rumah sangatlah penting agar kalian bisa tahu sampai mana target tercapai.

Dengan menentukan budget harga rumah yang akan dibeli, bisa memudahkan kalian untuk menabung secara bulanan, harian maupun mingguan. Lakukan cara tersebut secara konsisten.

Sebagai generasi milenial kalian harus berani mengurangi kebiasaan hidup hedon agar impian kalian untuk membeli sesuatu bisa tercapai.

Itulah cara bagaimana menabung dengan benar yang bisa kami ringkas.

Yuk cari tahu hal-hal menarik lainnya di https://www.binus.ac.id/kampus-malang