Berbicara mengenai personal branding pasti sebagian orang sudah memahaminya, Namun ternyata masih banyak lho orang yang kurang memahami secara baik, apa itu personal branding ?

Secara garis besar Personal Branding memiliki arti sebuah upaya untuk membuat persepsi publik mengenai diri kita dan keahlian yang dimiliki

Ternyata, Personal Branding bukan hanya dimiliki pebisnis saja lho, melainkan setiap orang juga memerlukan personal branding yang baik.

Perlu kalian ketahui sebagai seorang mahasiswa sangat penting untuk mulai membangun Personal Branding agar kedepannya mempermudah karir kalian.

Setiap individu pasti mempunyai impian. Nah, salah satu cara untuk mencapai impian tersebut adalah dengan Personal Branding,

Tentunya kalian pasti penasaran mengapa membangun Personal Branding menjadi hal penting, Maka dari itu mari kita ulas beberapa alasan mengapa mahasiswa harus memiliki Personal Branding

1.   Memiliki Nilai Plus di Mata HRD

Begitu banyak fresh graduate diluar sana yang ingin melamar pekerjaan salah satunya adalah kalian sendiri. Ketika kita ingin melamar suatu pekerjaan dan melihat banyak kandidat lain, pasti diri sendiri merasa minder dan takut akankah berhasil masuk di perusahaan tersebut, Apalagi jika semuanya lulusan sarjana dan memiliki nilai yang baik.

Bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? tentunya dengan Personal Branding. Memiliki Personal Branding sangatlah membantu kalian untuk memiliki nilai plus di mata HRD, hal tersebut menjadi hal yang efisien karena HRD bisa melihat di CV kalian dengan dibuktikan melalui Personal Branding yang kalian miliki.

2.   Pekerjaan Menghampiri kita

Setiap orang yang pasti akan menilai diri kalian melalui cover maupun latar belakangnya. Dari sinilah Personal Branding  dapat bekerja dengan baik, manfaatkan situasi tersebut agar kelebihan kalian lebih tersorot secara publik.

Ketika kalian mulai dikenal oleh orang lain dan kelebihanmu menunjang, secara langsung orang akan menghampiri kalian untuk meminta bantuan sesuai keahlian yang kalian miliki.

Tentunya hal ini menjadi peluang besar untuk diri kalian karena pekerjaan dapat menghampiri tanpa perlu kita cari.

Jika keahlian kalian juga dimiliki oleh orang lain, lakukan lah penawaran yang menarik bahwa diri kalian berbeda dengan lainnya dan lebih unggul.

3.   Memperluas Relasi

Memiliki relasi yang luas dan bermutu merupakan dambaan setiap orang, terutama bagi kalian yang mahasiswa.

Mungkin beberapa dari kalian memiliki relasi yang luas adalah hal yang lumayan susah, Tetapi dengan membangun Personal Branding kalian akan dengan mudahnya mendapatkan relasi dengan orang-orang yang profesional.

Kebanyakan seorang profesional akan lebih tertarik ketika memiliki hubungan dengan mereka yang berkompeten dalam bidang maupun keahliannya.

4.   Berfokus Pada Tujuan

Selagi kalian masih menjadi mahasiswa perbanyaklah melakukan hal baru, jangan pernah takut untuk mencoba, karena siapa tau kemampuan itulah yang mengantarkan kalian ke gerbang kesuksesan.

Tentukan keahlian yang ingin kalian ambil dan berfokuslah pada bidang tersebut, karena orang lain akan memperhatikan apa yang kalian lakukan. Mulailah konsisten dan tekun membangun Personal Branding, niscaya kalian akan dikenal sebagai profesional pada bidang yang kalian tonjolkan.

Itulah 4 alasan penting yang menjawab kenapa sih mahasiswa harus memiliki Personal Branding..

Yuk ikuti terus artikel dari https://www.binus.ac.id/kampus-malang dapatkan info-info menarik yang akan mengubah hidup kalian menjadi lebih baik.