Aplikasi pembelanjaan online kini semakin berkembang dengan konsep yang jauh lebih canggih. Beberapa tahun belakangan ini ada teknik pemasaran yang sedang viral yaitu Shoppertainment, teknik ini digemari oleh generasi muda karena pada dasarnya kaum milenial gemar melihat barang-barang baru yang menarik perhatian untuk mencuci mata dan membelinya.

Shoppertainment merupakan inovasi terbaru dalam berbelanja yang menggunakan berbagai interaksi seperti live streaming dan hiburan lainnya. Proses live streaming merupakan icon dari strategi Shoppertainment, konsumen dapat langsung membeli barang ketika pedagang melakukan live streaming.

Dengan adanya proses tersebut kemungkinan konsumen akan langsung melakukan pembelian dari live streaming. Hal tersebut dikarenakan calon konsumen tergiur dengan penjualan secara real dan terkecoh promo yang ada.

Banyak orang merasa semakin dipermudah dengan adanya teknik Shoppertainment mulai dari pedagang dan konsumen. Berbagai pengalaman yang didapat dari Shoppertainment bukan hanya dari konsumen saja, pedagang pun juga seperti mengembangkan bisnis yang sudah berjalan dengan cara berbeda.

Di Indonesia hampir seluruh e-commerce sudah menggunakan teknik Shoppertainment untuk menunjang fiturnya, salah satunya adalah Lazada yang menjadi pelopor pertama menggunakan fitur tersebut. Teknik ini memberikan pengalaman yang epic kepada para pedagang dan pembeli, sekaligus juga membantu para pemilik brands dan penjual di platform agar bisa bertahan dan optimal dalam berjualan di tengah pandemi ini.

Berikut manfaat dari Trend Shoppertainment :

  • komunikasi lebih dekat dengan konsumen
  • live streaming dapat mengubah penonton menjadi konsumen
  • mengurangi resiko komplain dari konsumen
  • mengurangi/menghemat biaya promosi

Itulah beberapa informasi mengenai Shoppertainment yang BINUS @Malang buat untuk mengedukasi kalian yang tertarik dalam menerapkan Shoppertainment, Yuk jadilah pedagang yang selalu up to date dalam melakukan penjualan.