Hampir sebagian orang pasti setuju mengenai tolok ukur bahwa seorang pebisnis dapat dikatakan sukses jika memiliki keuntungan atau profit yang tinggi. Untuk apa seorang pebisnis bekerja banting tulang jika tidak mendapatkan profit yang setimpal dengan hasil kerja kerasnya ? Pasti mereka seorang pebisnis akan merasa membuang waktu.

Jangan salah sangka dulu ya kawan, sebuah profit memang penting dalam suatu bisnis namun dalam jangka waktu panjang jangan sampai kalian hanya memikirkan profit saja, karena dalam dunia bisnis masih ada yang namanya cash flow. Apalagi, jika kalian adalah pebisnis awam yang masih baru terjun, jangan hanya berpatok pada profit yang tinggi tanpa melihat cash flownya.

Sebelum mengetahui antara cash flow dan profit mana yang lebih penting, ada baiknya kalian memahami perbedaannya terlebih dahulu.

Dalam menjalankan bisnis, cash flow dan profit adalah 2 hal penting. Secara garis umum profit memiliki pengertian penghasilan yang diperoleh yang telah dikurangi HPP (harga pokok penjualan) serta biaya lainnya, atau biasa disebut laba bersih.

Profit juga dapat menentukan suatu gambaran dari keseluruhan bisnis dan pondasi dari perhitungan pajak.

Sedangkan cash flow merupakan pencatatan uang keluar masuk atau biasa disebut arus kas. cash flow diperlukan untuk operasional, pajak, pembelian persediaan dan gaji karyawan

Dari pengertian diatas semuanya sama penting cash flow maupun profit tidak dapat dipisahkan, karena keduanya merupakan elemen yang penting dalam menjalankan suatu bisnis. cash flow dan profit dapat membantu melihat apakah suatu bisnis yang dijalankan berkembang atau tidak.

cash flow dan profit, lebih penting mana ?

Antara cash flow dan profit tidak ada kata mana yang lebih penting karena semuanya saling berkaitan dan penting untuk kelangsungan suatu bisnis.

Kalian boleh berfokus pada keuntungan namun juga tidak boleh lepas dari cash flow, apalagi jika bisnis kalian masih tergolong baru. cash flow merupakan prioritas utama dalam menjalankan bisnis. Bisnis yang memiliki cash flow stabil dapat menunjukkan suatu potensi di masa mendatang, sehingga hal tersebut dapat meyakinkan investor.

Mempertahankan suatu bisnis sangat lah rawan, kalian tidak boleh berfokus pada satu titik saja.

Maka dari itu mari belajar bersama-sama mengenai dunia bisnis bersama BINUS @Malang.