Nama Metaverse banyak diperbincangkan oleh masyarakat. Metaverse diyakini menjadi dunia internet di masa depan yang dibuat sedemikian rupa agar menyerupai dunia nyata di dalam dunia internet.

Pertama kalinya nama Metaverse muncul di dalam buku novel yang berjudul Snow Crash dan diterbitkan tahun 1992. Isi dari novel tersebut menuturkan bahwa Metaverse dapat diartikan sebagai dunia virtual dan bisa didatangi oleh orang-orang melalui perangkat VR, namun akhirnya metaverse dalam buku novel tersebut memicu permasalahan.

Karena gencarnya istilah Metaverse, banyak perusahaan raksasa tertarik untuk mengembangkan Metaverse. Hal tersebut menimbulkan beberapa definisi berbeda dari setiap pemimpin perusahaan raksasa mengenai arti dari Metaverse ini. Salah satunya ialah Mark Zuckerberg, CEO sekaligus pendiri Facebook mengatakan bahwa metaverse sebagai perwujudan internet yang bisa dimasuki dan tidak lagi sekedar melihat di layar saja.

PEKERJAAN DI METAVERSE

Ketika metaverse telah hadir dan berjalan, pasti dunia akan mempersiapkan dan membutuhkan orang yang bisa memenuhi kriteria di era metaverse. Demi kelangsungan tersebut berjalan, Berikut 5 pekerjaan yang dibutuhkan di era metaverse  :

  1. Metaverse Planner

Yang pertama, Metaverse Planner merupakan seorang yang nantinya akan berperan sebagai perencana dan merancang konsep ke dalam dunia virtual sesuai dengan visi perusahaan.

Metaverse Planner harus dilakukan oleh orang yang handal agar mampu membantu CEO menerapkan strategi

Jika kalian ingin menjadi metaverse planner, memiliki latar belakang pendidikan manajemen, menguasai strategi pemasaran dan memiliki pola pikir sebagai pengusaha yang baik adalah kunci nya.

2. Metaverse Research Scientist

Yang kedua, di bagian ini para ilmuwan dapat bergabung dan bekerja sebagai Research Scientist di era metaverse. Disini ilmuwan memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan banyak sektor agar dunia bisa dijalankan secara virtual.

Untuk menjadi Research Scientist kalian harus menguasai komputer dengan sangat baik

3. Metaverse Hardware Builder

Yang ketiga, Metaverse Hardware Builder memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan perangkat keras demi terciptanya dunia virtual.

Tidak hanya membangun dan mengembangkan kode-kode tertentu, jenis pekerjaan ini juga memiliki tugas mengembangkan sensor.

Perkembangan sensor tersebut memiliki contoh seperti seseorang akan merasa disentuh apabila tokoh dalam metaverse memegang bagian tubuhnya seperti lengan.

Metaverse sangat membutuhkan posisi ini, karena akan sangat membantu untuk mengembangkan kecerdasan buatan seperti robot.

4. Metaverse Storyteller

Yang keempat, pada pekerjaan ini akan memiliki tanggung jawab untuk merancang pencarian bagi para pengguna yang ingin menjelajahi metaverse.

Selain merancang pencarian, Metaverse Storyteller juga dapat merancang skenario bagi pengguna.

Metaverse Storyteller akan menyampaikan adanya peluang pasar kepada perusahaan dalam bentuk narasi.

Jika kalian ingin menggeluti karir ini, kalian harus mengambil jurusan sastra dan harus memiliki minat pada dunia pemasaran.

5. Metaverse Cyber Security

Yang kelima, Metaverse Cyber Security merupakan pekerjaan yang paling dibutuhkan di era metaverse.

Bukan hanya di dunia nyata, Metaverse juga membutuhkan seorang petugas keamanan.

Namun, petugas keamanan yang dimaksud berbeda dengan dunia nyata, karena kejahatan yang harus ditanganinya adalah hack dan fraud.

Metaverse akan menjadi sasaran empuk bagi para penjahat digital, termasuk pencurian NFT.

Tugas utama seorang Metaverse Cyber Security adalah memblokir serangan digital yang terjadi.

Itulah 5 pekerjaan yang dirangkum oleh BINUS @Malang dan diperkirakan akan sangat dibutuhkan pada era metaverse.

Sebelum era metaverse hadir, persiapkan diri kalian agar kedepannya mampu menghadapi dunia yang lebih canggih.

Dari kelima pekerjaan diatas, kira-kira kalian minat bagian mana nih ?

Yuk cari tahu info ter up to date di https://binus.ac.id/malang/