People Innovation Excellence
 

4 TIPS AGAR BISNIS TERUS BERTAHAN


2 tahun sudah kita hidup berdampingan dengan Corona Virus yang melanda Indonesia sejak 2020. Sejak pandemi terjadi di negeri kita, banyak perubahan hidup yang kita alami, contohnya seperti kita dituntut untuk banyak melakukan aktivitas melalui daring (online) dan selalu memakai masker kemanapun kita pergi. Pertemuan daring yang terjadi mengakibatkan banyak dari kita yang merasa jauh dengan orang yang kita kenal.
Semenjak pandemi banyak sekali perusahaan yang mengalami kegagalan seperti terjadi pengurangan pegawai hingga penutupan perusahaan/bisnis. Hal ini banyak dirasakan bagi mereka perusahaan penyedia jasa, karena kehilangan pelanggan secara tiba – tiba. Dalam menyikapi hal tersebut, apa yang harus kita lakukan sebagai pemilik bisnis supaya usaha yang telah kita bangun dapat tetap berjalan di kondisi seperti ini? Yuk, simak jawabannya berikut ini.
Berikut adalah 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk mempertahankan bisnis usahamu:
1. Menjaga Keaslian
Menjaga keaslian produk adalah kunci utama yang harus dilakukan oleh pemilik usaha baik untuk perusahaan besar ataupun usaha kecil mikro. Keaslian produk akan membuat kepercayaan pelanggan meningkat. Tidak lupa juga disertai branding yang unik dan menarik supaya lebih mudah diingat oleh pelanggan.

2. Menunjukan Hal yang Menarik
Tunjukkan kelebihan produk atau jasa yang anda tawarkan ke pelanggan. Berikan pelayanan yang terbaik dan konten yang menarik dalam pemasaran. Buatlah calon pelanggan yakin dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Lebih memperhatikan Produk secara Detail
Perhatikan produk lebih teliti terutama pada kualitas produk. Kualitas yang baik, maka akan mengundang banyak pelanggan yang menggunakan produk / jasa yang ditawarkan. Lakukan quality control secara keseluruhan sebelum produk benar – benar akan di distribusikan ke tangan pelanggan.

4. Melakukan Pemasaran Produk/Jasa secara Digital
Di era seperti ini siapa sih yang belum menggunakan sosial media? Banyak masyarakat yang sudah mulai mengenal dan menggunakan sosial media untuk kebutuhan sehari – hari. Sosial media dapat sangat membantu dalam memasarkan produk/jasa yang ditawarkan kepada masyarakat luas. Keunggulan pemasaran digital adalah biaya pemasaran yang cukup terbilang rendah, tanpa terhalang jarak dan waktu kepada pelanggan, dan lebih mendekatkan pelanggan dengan pemilik usaha. Buatlah konten menggunakan gambar atau tagline yang menarik pelanggan, karena budaya masyarakat Indonesia adalah mudah tergoda oleh visual yang terlihat menarik.
Bagaimana dengan bisnis kalian? Apakah sudah memperhatikan hal – hal tersebut di atas? Buat kalian yang belum memperhatikannya, tidak ada kata terlambat untuk sesuatu yang lebih baik dan membuat bisnis berkembang.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close