User Interface (UI) adalah tampilan visual dari software, website. UI memiliki peranan penting dalam membangun pengalaman interaksi yang menyenangkan antara pengguna teknologi dan platform. Maka dari itu, UI dibuat semenarik mungkin untuk membuat user betah berlama-lama. Pekerjaan UI Designer biasanya tidak terpisahakan dengan User Experience (UX) karena memang sangat berkaitan. Jika UI lebih fokus pada tampilan yang menarik, maka UX lebih fokus pada pengalaman yang menyenangkan. Perusahaan-perusahaan berbasis teknologi kini terus berkompetisi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para product user-nya. Pastinya, Kampus-Kampus Terbaik pun juga berlomba untuk mempersiapkan Talenta Digital-nya.

Kalau kamu serius untuk bekerja pada bidang ini nantinya, ada beberapa kompetensi yang kamu perlu bangun mulai sekarang. Misalnya, kamu harus mampu untuk berpikir kreatif untuk menciptakan desain interface yang nyaman dilihat, kemudian pemikiran tersebut digunakan untuk membuat mock-up melalui plaftorm desain grafis. Jangan lupa, kamu juga perlu membuat alur sistematis pengalaman yang menyenangkan untuk user. Tahapan selanjutnya adalah membangun dan menguji coba prototype UI/UX, dengan mengintegrasi kan berbagai tools yang populer digunakan oleh UI/UX Designer seperti Adobe Illustrator, Figma, Marvel, Zeplin dan lain-lain. 

Tidak cukup hardskill aja, kamu juga memerlukan kompetensi untuk berkomunikasi dan berempati terhadap user, agar dapat menciptakan tampilan situs atau aplikasi yang menyenangkan untuk digunakan. Selain itu, penting juga untuk memiliki kemampuan problem solving jika ada permalahan dari user. Melihat kompleksitas pekerjaan yang akan dihadapi, bukan rahasisa lagi bahwa Kampus-Kampus keren sekarang terus menghasilkan lulusan UI/UX Designer terbaik di Indonesia. Mereka telah dilatih dan diddidik dengan ketrampilan yang lengkap mulai dari keahlian desain, hingga presentasi project. Para pelaku industripun seringkali memesan para calon lulusan paling unggul di berbagai Kampus.. dan salah satu yang paling sering mendapat pesanan itu adalah BINUS @Malang.

So, kalau kamu berminat untuk berkarir sebagai UI/UX Designer, maka Program S1 INTERACTIVE DESIGN & TECHNOLOGY di BINUS @Malang sangat cocok banget. Disini kamu akan belajar menjadi UI/UX profesional, yang sekarang ini sangat dibutuhkan oleh Industri. Saat ini, banyak perusahaan membuka lowongan pekerjaan di bidang tersebut untuk membuat website yang menarik bagi pengguna digital. Kompensasi perusahaan-perusahaan juga semakin menarik dengan tawaran gaji yang berkisar antara 8 – 16 juta per bulan (data dari idxchannel.com). 

Salam dari para BINUSIAN, yang sedang belajar di Kampus Terbaik untuk membangun Skill-set sebagai UI/UX Designer. Kita tunggu kamu di Program S1 INTERACTIVE DESIGN & TECHNOLOGY 😊