Guys, sekarang ini banyak banget pilihan investasi yang sangat populer di social media, mulai dari yang konvensional seperti saham, obligasi, emas, dan reksadana.. sampai yang paling kekinian seperti Crypto dan NFT. Hati-hati ya dalam memilih instrumen investasi, yang penting pahami dulu dan jangan FOMO (Fear of Missing Out). Jangan sampai deh, gara-gara kalian ingin cepat kaya dan kelihatan sukses, bukannya untung malah rugi banyak. Investasi terbaik adalah yang mendidik kalian menjadi Investor yang cermat dan memiliki berpengetahuan, bukan sekedar untung sesaat.. namun rugi terus kemudian karena cuma jadi sarana spekulasi.

Pilihan Investasi untuk Mahasiswa emang banyak banget, tapi pilihan investasi yang pas itu harus dicocokkan dengan kesiapan dana dan mentalmu dalam menghadapi resiko. Yups… setiap investasi pasti ada resiko ya guys.. jangan percaya kalau ada yang ngasih info untung besar tanpa ada resiko. Butuh kesabaran dan ilmu sebelum kalian mengklaim diri sebagai Investor di bio akun Instagram kalian.. hehe… 

Investasi Cryptocurrency

Boleh aja si kalian pilih salah satu Crpytocurrency sebagai koleksi digital, tapi pastikan kalian paham dulu karakter si Crypto, misalnya apa yang mempengaruhi harga crypto tersebut naik dan turun. Kamu perlu memahami jenis-jenis mata uang kripto yang beredar di pasaran. Bitcoin (BTC) memang menjadi favorit. Tetapi ada juga lainnya yang populer seperti Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Binance (BNB), Cardano (ADA), Dogecoin (DOGE), dan lainnya. Instrumen ini sangat dipengaruhi oleh sentimen positif maupun negatif lho. Misalnya aja ada pebisnis terkenal macam Elon Musk dulu nge-tweet tentang Dogecoin.. eh ga lama setelah itu si Crypto langsung naik karena banyak yang beli aset digital tersebut. Tapi karena banyak juga yang kurang paham tentang karakter si Crypto, jadi banyak yang loss profit deh sekarang, karena harga nya cenderung turun terus sejak Mei 2021. Saat artikel ini ditulis, harga Dogecoin ada dikisaran Rp. 2.750 an. 

Cara paling mudah untuk mengevaluasi aset Cryptocurrency adalah mengunjungi websitenya untuk mengetahui berbagai informasi terkait. Penting juga untuk kalian mempelajari teknikal analisis dengan beberapa indikator chart yang tersedia. Analisa tersebut dapat menolong kamu untuk mengumpulkan beberapa clue yang berguna dalam memprediksi nilai Cryptocurrency di masa depan. Kamu juga harus mengelola emosi untuk tetap berhati-hati dalam mengambil setiap keputusan. Jangan terlalu agresif saat mulai untung, dan jangan gampang panik saat nilainya turun.

Investasi Saham

Sejak era Pandemi kemarin, pertumbuhan investor pemula di saham memang cepat meningkat drastis. Salah satu Sekuritas populer di Indonesia sukses menjadi Unicorn ke-7 di Indonesia karena ramainya animo Investor Millenial kita, termasuk Mahasiswa Generasi Z. Menjadi investor berarti membeli saham perusahaan di pasar modal dan menjualnya dalam jangka waktu yang cukup lama, misalkan 1 – 3 tahun mendatang. Nah, yang sering dilakukan oleh para millenial adalah trading saham, dengan cara membeli saham di pagi hari, dan menjual nya di sore hari. Sebenarnya oke saja sih, selama kamu paham ilmunya dan juga tidak mengesampingkan analisa fundamental serta mengenal perusahaan tersebut. Jangan gampang terpengaruh “pom-pom” saham gorengan dari influencer yang sering pamer keuntungan di sosmed ya guys

So guys, belajar investasi itu penting asalkan kalian memahami bahwa peluang selalu datang dengan resiko. Ilmu investasi yang matang tidak berarti menghilangkan resiko, tapi meminimalisir resiko yang tidak perlu karena kebodohan kita. Sisihkan sebagian uang yang benar-benar siap kita ‘resiko’kan. Jadi jangan sampai kalian berinvestasi atau trading di instrumen beresiko tinggi seperti forex misalnya dengan uang kuliah, atau uang untuk bayar kos ya. Terus satu lagi, jangan berharap bisa kaya cepat ya.. karena kalau begitu kalian akan menjadi investor pemula yang gegabah dan agresif. Ibarat baru belajar nyetir mobil, eh langsung gas pol tanpa injek rem, bisa bahaya banget tuh! So, Investasi yang paling pas untuk Mahasiswa adalah Investasi ILMU… kalau udah tau ilmunya sih terserah mau pilih instrumen yang mana. BINUSIAN juga banyak lho yang udah berinvestasi di Crypto maupun Saham, so kalau kamu belum mulai, sekarang adalah waktu yang tepat… Itu tadi tips Investasi untuk Mahasiswa.. semoga bermanfaat. Good Luck!

Artikel ini ditulis oleh BINUS @Malang, Universitas Terbaik Jawa Timur yang melahirkan para Technopreneur hebat!