Desain adalah proses. Hal ini terus ditekankan kepada para desainer komunikasi visual untuk mengandalkan proses desain sebagai orientasi utamanya selain hasil. Terdapat beberapa pendekatan dalam memproses desain. Salah satunya adalah proses desain yang dipaparkan oleh Robin Landa. Dalam bukunya berjudul “Graphic Design Solution” (2011), Robin Landa memaparkan 5 fase dalam proses desain. Fase tersebut adalah orientationanalysisconceptsdesign, dan implementation. Kelima tahapan ini merupakan tahapan berjenjang dan bertingkat. Sehingga masing-masing tahapan harus dilalui untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

5 tahap proses desain menurut Robin Landa

 

Pada materi kali ini tahapan proses desain oleh Robin Landa yang akan dibahas adalah tahap concepts.

 

Concepts

Desain yang efektif adalah desain yang memiliki konsep yang matang. Konsep desain adalah proses dimana daya kreativitas seorang desainer digunakan. Dari konsep desain inilah sebuah desain dapat direalisasikan. Biasanya konsep desain dibuat untuk menjawab bagaimana dan mengapa. Contohnya seperti:

  1. Bagaimana desain akan diwujudkan?; Mengapa desain diwujudkan dengan cara demikian?
  2. Ilustrasi apa yang akan digunakan?; Mengapa ilustrasi tersebut yang digunakan?
  3. Jenis huruf apa yang akan digunakan?; Mengapa huruf tersebut yang digunakan?
  4. Warna-warna apa saja yang akan digunakan?; Mengapa warna-warna tersebut yang digunakan?

Dan masih banyak lagi pertanyaan bagaimana dan mengapa yang digunakan dalam konsep desain. Dalam rangka menciptakan konsep desain terdapat beberapa cara. Salah satu cara adalah menggunakan poin-poin utama. Sifat dari poin-poin utama ini digunakan sebagai stimulan ide-ide konsep desain. Poin-poin tersebut diantaranya:

  • Kata/kalimat. Kata/kalimat dapat digunakan untuk merumuskan konsep desain. Cara ini dilakukan oleh George Lois, seorang desainer ternama. Ia menggunakan “generalisasi kata” yang kemudian dibuat dalam bentuk “daftar kata”, “asosiasi kata”, “peta kata”, “penggabungan kata”, dan lain-lain.
  • Tema. Menentukan satu tema khusus pun dapat digunakan sebagai konsep desain. Beberapa tema yang dapat diangkat sebagai konsep desain seperti budaya, alam, politik, emosi, dan lain-lain.
  • Simbol. Menggunakan simbol tertentu sebagai objek untuk merepresentasikan ide, pemikiran, atau perasaan.
  • Retorika. Menggunakan retorika sebagai konsep desain seperti personifikasi, metafora, hiperbola, dan lain-lain.

Konsep desain menjadi materi yang penting dalam proses desain. Hal ini karena konsep desain yang berfungsi layaknya panduan bagi proses desain. Semakin matang konsep yang dibuat, maka desain akan semakin konsisten.

 

Next: Design

 

Source:

Landa, Robin. 2011. Graphic Design Solutions, 4th Edition. USA: Wadsworth.