People Innovation Excellence
 

TULISAN KACAU KARENA TIDAK TAHU KLAUSA DAN KALIMAT

Pemahaman terkait klausa dan kalimat penting diketahui sebagai bekal menulis yang baik. Kapan kita menggunakan kata hubung dan tanda baca ditentukan dari hal ini. Klausa terdiri atas subjek dan predikat seperti kalimat. Namun, klausa belum bisa disebut sebagai kalimat. Sebab, klausa merupakan kalimat yang belum selesai yang dapat membentuk kalimat majemuk. Artinya, klausa belum bisa diakhiri dengan tanda baca penanda kalimat seperti titik (.), tanda tanya (?), atau tanda seru (!) karena memang belum menjadi sebuah kalimat. Sementara itu, kalimat juga terdiri minimal subjek dan predikat, tetapi informasinya sudah selesai dan lengkap serta dapat diakhiri dengan tanda baca penanda kalimat. Sering sekali seseorang membuat kalimat yang sulit dipahami karena tidak bisa membedakan klausa dan kalimat.   

Contoh 1: 

Mahasiswa yang konsultasi (bukan kalimat) 

Mahasiswa yang konsultasi itu mendapat penghargaan dari kampus. (kalimat)  

Contoh 2: 

Rancangan kebijakan yang tepat (bukan kalimat) 

Rancangan kebijakan yang tepat penting bagi kesejahteraan masyarakat. (kalimat)  

Contoh ragam tulis 3: 

Untuk wilayah yang berada di luar pemberlakuan PPKM darurat (bukan kalimat) 

Untuk wilayah yang berada di luar pemberlakuan PPKM darurat, shalat Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M hanya dapat diselenggarakan di daerah zona hijau dan zona kuning. (kallimat)  

Demikianlah ulasan singkat mengenai klausa dan kalimat. Silakan pelajari lebih lanjut secara mandiri untuk menambah wawasan lebih dalam lagi. Jangan sampai kita memproduksi sebuah tulisan yang membuat pusing pembaca karena informasi yang disampaikan belum lengkap, sekian terima kasih. 


Published at :
Written By
Gamal Kusuma Zamahsari
Dosen Bahasa Indonesia | BINUS Malang
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close