Pusat Prestasi Nasional, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menyelenggarakan National University Debating Competition (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) pada tahun 2021. Kegiatan NUDC dan KDMI ini diharapkan mampu menjadi salah satu wahana dalam membentuk mahasiswa bertalenta di bidang bahasa dan mempersiapkan lulusan yang mampu membuat keputusan berdasarkan analisis yang logis dan faktual. Kegiatan NUDC KDMI Tahun 2021 akan dilaksanakan secara daring di tengah pandemi covid 19 saat ini.  

Pada tahun ini BINUS mengikuti Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia untuk pertama kalinya. Berbagai tahapan dilakukan pada tingkat internal untuk menyeleksi mahasiswa yang mampu mewakili kampus dan merupakan representasi BINUS sebagai kampus yang mampu membangun dan mengembangkan talenta-talenta mahasiswa yang unggul. Pada tahapan persiapan, juri internal BINUS menyebarluaskan informasi KDMI kepada mahasiswa untuk mengirim video debat dan tema yang diangkat adalah Reaktivasi Industri Pariwisata dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Kerakyatan di Masa Pandemi sebagai Program Prioritas Pemerintah dan diperolehlah empat mahasiswa sebagai calon wakil BINUS pada kompetisi KDMI. 

Dosen yang melakukan penjurian internal yaitu dosen Language Center Malang yaitu Pandu Meidian Pratama dan dosen Language Center Jakarta yaitu Lifia Yola Febrianti, dalam hal ini dosen dibantu tim SCAC untuk memandu penjurian internal KDMI. Empat mahasiswa terbagi menjadi dua kelompok. Masing-masing mahasiswa menampilkan rekaman video penampilan debat terbaiknya dengan tema yang sudah disepakati bersama. Setelah seluruh mahasiswa menampilkan video debatnya, akhirnya terpilihlah satu kelompok yang akan mewakili BINUS dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia. Kelompok tersebut diwakili oleh Hanif Ahmad Danakusuma dan Cindy Carneta. Keduanya saat ini sudah dinyatakan lolos administrasi dan akan melaksanakan seleksi tingkat wilayah. Selama menunggu ketentuan pelaksanaan seleksi tingkat wilayah, kedua mahasiswa tersebut mendapat bimbingan dari dosen language center yang telah ditunjuk.