Berbeda dengan kata kerja atau kata benda, lkata tugas merupakan jenis kata tertutup. Maksudnya tertutup apa? Jumlah katanya tetap, terbatas, dan hampir tidak terjadi penambahan kata tugas baru. Oleh karena itu, kita wajib mempelajari penggunaan kata tugas satu demi satu. Karena kata ini tidak bis akita kira-kira makna dan tugasnya. Artinya, kata ini sudah memiliki kepastian perannya. Apa saja yang termasuk dalam kata tugas? Berikut ini perinciannya.  

Kata tugas terdiri atas 7 kelompok:  

  1. Kata Depan (Preposisi) 
  2. Kata Penghubung (Konjungsi) 
  3. Kata Keterangan (Adverbia) 
  4. Kata Tanya 
  5. Kata Sandang (artikula) 
  6. Kata Seru 
  7. Kata Perujuk 

Kata tugas yang paling sering terjadi kesalahan penulisan, salah satunya adalah kata depan (preposisi). Khususnya kata depan yang berfungsi sebagai penanda hubungan tempat di. Penulisan di dipisah dengan kata yang diikutinya dan penulisan di digabung dengan kata yang diikutinya sering terbalik.  

 Contoh: 

Buku ini di beli Andi ditoko buku. (Salah) 

 Penjelasan: 

Penulisan di sebagai preposisi penanda tempat ditulis terpisah, ada spasinya: di toko. Sementara itu, penulisan  di sebagai afiks atau imbuhan ditulis serangkai dengan kata dasar yang diikutinya: dibeli. Kata dibeli adalah bentuk pasif pasti bisa diubah menjadi aktif menjadi kata membeli. Sementara, di toko tidak bisa diubah menjadi bentuk aktif, misalkan  menjadi men toko karena berbeda jenis kata dan tugasnya. 

 Sumber Pustaka 

 Chaer, A.1988. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta:Bhatara. 

Kentjono, D. dkk. 2010. Tata Bahasa Acuan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Jakarta: Wedatama. 

Ramlan, M.1980. Kata Depan atau Preposisi dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta:U.P.Karyono.