Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan pengenalan tentang program Scratch, bidang kerja, dan berbagai macam fungsi serta kegunaan menu yang disediakan oleh Scratch. Sebagai perkenalan kita akan mencoba membuat animasi atau gerakan sederhana objek kucing (sprite) dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Membuka program Scratch
  2. Mengklik icon Events kemudian mengklik blok When…clicked, kemudian drag dan drop blok pemrograman tersebut pada script area. Setiap program yang dibuat dengan Scratch biasanya dijalankan dengan melakukan klik pada “gambar bendera hijau”. Artinya eksekusi program pada blok pemrograman tersebut akan dijalankan apabila gambar bendera hijau diklik

Note: Icon Events biasanya digunakan untuk perintah yang berhubungan dengan waktu, seperti kapan, ketika, tunggu, mengulangi waktu

  1. Mengklik icon Motion untuk membuka bagian blok pemrograman Motion
  2. Mengklik blok move 10 steps, kemudian drag dan drop blok pemrograman tersebut pada script area. Blok pemrograman move 10 steps berguna untuk menjalankan objek atau sprite sebanyak 10 langkah

Note: Icon Motion biasanya digunakan untuk perintah yang berhubungan dengan pergerakan, seperti maju, mundur, memutar, pindah posisi, dan ubah posisi

  1. Mengklik gambar bendera hijau di sebelah kanan atas untuk menjalankan program

Setelah mengklik gambar bendera hijau, objek pada stage akan bergerak maju sebesar 10 langkah. Hal ini juga dapat dilihat pada script area jika nilai x yang semula sebesar 0, maka akan berubah menjadi x = 10 (Gambar 1).

Gambar 1. Script Area pada Program Scratch