Ketika ingin membeli suatu produk atau mengkonsumsi jasa dengan merek tertentu, hal apa yang kalian lakukan pertama kali? Pasti mencari tahu tentang merek dari produk tersebut kan? Gimana kualitas produk dengan merek tersebut, apa saja review dari konsumen yang sudah menggunakan produk dengan merek tersebut, bagaimana cara untuk bisa memperoleh produk, apa yang dilakukan ketika sudah menggunakan merek tersebut, bagaimana kemasan produknya, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut secara tidak sengaja kita lakukan secara berulang ketika kita mengkonsumsi produk atau jasa dengan merek tertentu yang disebut dengan brand experience.

Brand experience tidak hanya terjadi ketika konsumen telah menggunakan merek, namun ketika konsumen mencari informasi terkait merek (identitas, promosi, event, dan lain sebagainya) atau bahkan membicarakan tentang merek kepada konsumen lain baik secara disengaja maupun tidak.  Brand experience adalah pengalaman yang dirasakan konsumen dimulai dari konsumen mencari informasi tentang merek produk atau jasa, membeli, hingga mengkonsumsi produk bahkan hingga proses untuk mengkonsumsi merek produk kembali. Ketika konsumen melalui satu saja pada fase tersebut, maka konsumen telah mengalami atau merasakan atribut dari produk ataupun jasa.

Pada praktik pemasaran, brand experience telah menarik banyak perhatian para marketer. Praktisi pemasaran menyadari pentingnya brand experience bagi konsumen, sehingga dapat menengembangkan strategi pemasaran yang tepat untuk produk maupun jasa. Ketika membuat marketing plan, seorang marketer perlu memikirkan strategi tentang bagaimana konsumen mengetahui merek produk hingga mengkonsumsi produk tersebut, bahkan startegi agar konsumen membeli produk itu kembali. Jika konsumen mendapatkan pengalaman positif, dimulai ketika mencari tahu tentang produk hingga mengkonsumsi produk maka akan menghasikan persepsi, sikap mupun aspek lainnya yang berdampak pada loyalitas konsumen. Beberapa penelitian menemukan bahwa ketika konsumen mendapat pengalaman positif terhadap merek suatu produk atau jasa, maka akan menciptakan loyalitas konsumen terhadap merek tersebut. Maka dari itu, perlu dipikirkan dengan baik agar konsumen merasa senang, nyaman, dan mudah dalam mencaritau hingga mengkonsumsi merek pada suatu produk atau jasa.